Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Luas Segitiga Kelas IV SD Islamiyah Putat

Prastyo, Stevan Bagus (2017) Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Luas Segitiga Kelas IV SD Islamiyah Putat. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img] Text
Stevan Bagus Prastyo.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (195kB)

Abstract

Pentingnya seorang guru dalam melakukan analisis kesalahan pada siswa tentang kesalahan-kesalahan yang dialami pada siswa. Seperti yang dialami oleh siswa kelas 4 SD Islamiyah Putat. Penelitian merupakan penelitian kualitatif dengan subjek guru dan siswa SD Islamiyah Putat Tanggulangin. Tujuan penelitian ini membahas kesalahan pada materi luas segitiga. beberapa kesalahan yang dialami oleh siswa meliputi kesalahan konsep dan prinsip. Kesalahan konsep terjadi ketika siswa tidak mengetahui perbedaan segitiga siku-siku dan segitiga sembarang. Mereka menganggap ketika segititiga siku-siku diputar adalah segitiga sembarang. Sedangkan pada kesalahan prinsip terjadi ketika siswa tidak bisa memasukkan rumus sigitiga pada segitiga siku-siku dan segitiga sama kaki. Kesalahan pada segitiga siku-siku terjadi ketika segitiga tersebut diputar seolah menyerupai segitiga sembarang hal ini yang membuat siswa merasa kebingungan dan pada akhirnya mereka tidak tahu dimana alas dan tinggi. Dari beberapa kesalahan yang dialami oleh siswa maka guru perlu melakukan perbaikan sebagai tindak lanjut agar siswa paham tentang materi luas segitiga. Dalam pembelajaran juga bagaimana cara supaya pembelajaran dapat tercapai secara optimal maka guru mempunyai ide-ide yang kreatif dan membuat pembelajaran semenarik mungkin. Guru juga bisa menggunakan media pembelajaran. Media pembelajaran sangatlah penting karena dapat membantu jalinan interaksi antara guru dan siswa jadi pembelajaran dapat tercapai secara optimal yang sesuai diinginkannya.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education
Depositing User: M.Pd Mohammad Faizal Amir
Date Deposited: 31 Jul 2017 07:35
Last Modified: 31 Jul 2017 07:35
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/418

Actions (login required)

View Item View Item