Mengembangkan Prototipe Media 3Dmetric Melalui Hypothetical Learning Trajector untuk Melatihkan Kemampuan Spatial Siswa

Amir, Mohammad Faizal and Chotimah, Chusnul and Fediyanto, Niko and Rudyanto, Hendra Erik Mengembangkan Prototipe Media 3Dmetric Melalui Hypothetical Learning Trajector untuk Melatihkan Kemampuan Spatial Siswa. Draft Prototipe Media 3Dmetric. (Unpublished)

[img] Text
1. Prototipe - For eprint.docx - Draft Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Pada era ini sedang dilaksanakan transformasi industry 4.0 yang menyeluruh. Pendidikan harus juga bertransformasi untuk mempersiapkan siswa mencapai standar teknologi industry 4.0. Augmented Reality (AR) yang merupakan salah satu revolusi teknologi utama. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media 3Dmetric berbasis AR melalui Hypothetical Learning Trajectory agar siswa lebih mudah mengembangkan kemampuan spasialnya. Metode penelitian yang digunakan adalah Design research dalam perpektif pengembangan bahan instructional berdasar masalah. Hasil dari penelitian ini adalah prototipe media 3Dmetric melalui HLT tepat digunakan untuk mengembangkan kemampuan spasial siswa dalam dimensi rotasi, konstruktif ruang, rekonstruksi, visualisasi, dan orientasi. Dengan menggunakan media 3Dmetric siswa dapat melakukan 6 hipotesis aktivitas spasial geometri. Media 3DMetric melalui HLT berorientasi konstruktivis dan memenuhi 3 prinsip desain AR yakni memberi tantangan, memberi fantasy, dan melihat bagian yang tidak terlihat bagi pemakainya.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Media 3Dmetric, HLT, spasial, geometri
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Early Childhood Teaching Education
Depositing User: M.Pd Mohammad Faizal Amir
Date Deposited: 30 Jul 2018 22:11
Last Modified: 30 Jul 2018 22:11
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/4099

Actions (login required)

View Item View Item