Sari, Rosida Eka (2017) Proses Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar pada Pembelajaran Geometri Melalui Pendekatan Matematika Realistik. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.
|
Text
5,85 Rosida Eka.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (149kB) | Preview |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengidentifikasi kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar pada pembelajaran geometri berdasarkan pendekatan matematika realistik. Karakteristik dari pembelajaran matematika realistik ialah pembelajaran yang mengacu pada aktivitas konstruksi, interaksi dan refleksi melalui pemberian masalah kontekstual kepada siswa. Jenis penelitian adalah kualitatif deskriptif. Menggunakan teknik pengumpulan data meliputi tes, wawancara dan observasi yaitu teknik trianggulasi. Subjek penelitian adalah siswa kelas 5 di SD Negeri Sidodadi, Candi Sidoarjo. Hasil penelitian menunjukkanbahwa : 1) Adanya perbedaan peningkatan mengenai kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran matematika realistik berdasarkan gender. 2) Adanya peningkatan hasil penilaian dari penggunaan pendekatan matematika realistik dengan pembeljaran biasa. Melalui pembelajaran matematika realistik akan dapat meningkatkan kemampuan siswa untuk berpikir kritis.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education |
Depositing User: | M.Pd Mohammad Faizal Amir |
Date Deposited: | 31 Jul 2017 07:30 |
Last Modified: | 31 Jul 2017 07:30 |
URI: | http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/407 |
Actions (login required)
View Item |