Proses Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar pada Pembelajaran Geometri Melalui Pendekatan Matematika Realistik

Sari, Rosida Eka (2017) Proses Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar pada Pembelajaran Geometri Melalui Pendekatan Matematika Realistik. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img]
Preview
Text
5,85 Rosida Eka.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (149kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengidentifikasi kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar pada pembelajaran geometri berdasarkan pendekatan matematika realistik. Karakteristik dari pembelajaran matematika realistik ialah pembelajaran yang mengacu pada aktivitas konstruksi, interaksi dan refleksi melalui pemberian masalah kontekstual kepada siswa. Jenis penelitian adalah kualitatif deskriptif. Menggunakan teknik pengumpulan data meliputi tes, wawancara dan observasi yaitu teknik trianggulasi. Subjek penelitian adalah siswa kelas 5 di SD Negeri Sidodadi, Candi Sidoarjo. Hasil penelitian menunjukkanbahwa : 1) Adanya perbedaan peningkatan mengenai kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran matematika realistik berdasarkan gender. 2) Adanya peningkatan hasil penilaian dari penggunaan pendekatan matematika realistik dengan pembeljaran biasa. Melalui pembelajaran matematika realistik akan dapat meningkatkan kemampuan siswa untuk berpikir kritis.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education
Depositing User: M.Pd Mohammad Faizal Amir
Date Deposited: 31 Jul 2017 07:30
Last Modified: 31 Jul 2017 07:30
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/407

Actions (login required)

View Item View Item