Chotimah, Chusnul (2017) Analisis Kesulitan Belajar Perkalian Jarimatika Siswa SDIT El-Haq Buduran Sidoarjo. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.
This is the latest version of this item.
Text
0,35 Chusnul Chotimah.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (154kB) |
Abstract
Jarimatika merupakan suatu cara cepat menghitung aritmatika (penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian) bilangan menggunakan jari-jari tangan sendiri. Tentu nya setiap metode memiliki tingkat kesulitan yang berbeda beda dan tiap siswa memiliki tingkat pemahaman yang berbeda beda juga. Hal ini akan menjadi pantangan tersendiri bagi siswa yang ingin menerapkan metode jarimatika ini. Salah satu cara untuk mengatasi kesulitan belajar perkalian jarimatika pada siswa adalah dengan melakukan analisis kesulitan kesulitan siswa dalam melakukan perkalian jarimatika. Tujuan melakukan analisis ini adalah untuk mencari tahu keseulitan kesulitan, penyebab kesulitan tersebut dan solusi yang tepat untuk mengatasi kesulitan tersebut. Subjek penelitian ini adalah siswa-siswi dari SDIT El-Haq Buduran yang terdiri dari 5 siswa. Tes wawancara dan penilaian unjuk kerja adalah instrumen pada penelitian ini. Dari data yang didapatkan, terjadi 3 kesalahan yang menyebabkan siswa kesulitan dalam belajar perkalian dengan metode jarimatika yaitu kesalahan fakta, kesalahan operasi dan kesalahan prinsip.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education |
Depositing User: | M.Pd Mohammad Faizal Amir |
Date Deposited: | 24 Jul 2017 07:12 |
Last Modified: | 24 Jul 2017 07:12 |
URI: | http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/397 |
Available Versions of this Item
- Analisis Kesulitan Belajar Perkalian Jarimatika Siswa SDIT El-Haq Buduran Sidoarjo. (deposited 24 Jul 2017 07:12) [Currently Displayed]
Actions (login required)
View Item |