Peningkatan Hasil Belajar IPA Menggunakan Motode Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) pada Siswa SD Muhammadiyah 9 Tamggulangin pada Materi Tumbuhan dan Lingkungannya

Fitri, Nadiya (2018) Peningkatan Hasil Belajar IPA Menggunakan Motode Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) pada Siswa SD Muhammadiyah 9 Tamggulangin pada Materi Tumbuhan dan Lingkungannya. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img] Text
Nadiya Fitri.docx - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (35kB)

Abstract

Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing adalah suatu model pembelajaran yang semuanya diarahkan kepada peserta didik. Dalam proses bembelajaran guru hanya sebagai pengarah atau pembimbing yang memberikan masalah kepada peserta didik kemudian, peserta didik akan diarahkan untuk membuat kelompok-kelompok untuk mendiskusikan, menyelidiki, dan memecahkan masalahnya. Agar para peserta didik mengerti dan memahami materi yang disampaikan melalui masalah yang diberikan oleh sang guru. Dengan menggunakan metode inkuiri terbimbing ini diharapkan agar dapat membangkitkan ketertarikan siswa dalam pembelajaran serta dapat mengembangkan pola berfikir siswa yang terbimbing, kritis, dan mampu memecahkan masalah secara ilmiah, dan juga dapat meningkatkan hasil belajar siswa secara sisnifikan. Dalam penulisan ini menyatakan bahwa metode ini telah digunakan dalam pembelajaran IPA khususnya materi tumbuhan dan lingkungannya. Setelah mengunakan metode inkuiri terbimbing ini ketertarikan, pemahaman, dan hasil belajar siswa cukup meningkat dengan nilai 20%.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: pgmi umsida
Date Deposited: 21 Feb 2019 07:01
Last Modified: 21 Feb 2019 07:01
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/3951

Actions (login required)

View Item View Item