Aulina, Choirun Nisak and Rezania, Vanda (2015) Penerapan Metode Pembelajaran Lips Language dalam Meningkatkan Kemampuan Berbicara Pada Anak Terlambat Berbicara. In: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan : Tema “Peningkatan Kualitas Peserta didik Melalui Implementasi Pembelajaran Abad 21”, 24 Oktober 2015, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.
Text
Prosiding Lips Language-Sampul.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (915kB) |
|
Text
Prosiding Lips Language_Identitas.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
|
Text
Prosiding Lips Language-Daftar Isi.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (845kB) |
|
Text
Penerapan Metode Pembelajaran Lips Language dalam Meningkatkan Kemampuan Berbicara pada anak terlambat berbicara.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (108kB) |
Abstract
Dalam berkomunikasi, bahasa merupakan alat yang penting bagi setiap orang. Gangguan bahasa dan berbicara adalah salah satu penyebab gangguan perkembangan yang paling sering ditemukan pada anak. Anak-anak yang terlambat bicara pada dasarnya mereka mampu untuk berbicara, namun kata-kata yang mereka ucapkan tidak sejelas anak-anak seusinya pada umunya jadi bahasa yang mereka ungkapkan sulit dipahami lawan bicaranya seakan-akan bahasa planet. Lips language merupakan sebuah metode mengajarkan berbicara dengan cara bertatap muka dan berbicara dengan artikulasi pelan sehingga anak dapat menirukan dengan jelas. Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk meningkatkan kemampuan berbicara pada anak terlambat bicara dengan penerapan metode pembelajaran lips language. 2) Untuk mengetahui penerapan metode pembelajaran lips language dalam meningkatkan kemampuan berbicara pada anak terlambat berbicara. Penelitian ini di lakukan pada anak terlambat bicara di PAUD Aisyiyah 6 Candi-Sidoarjo. Metode penelitian yang digunakan adalah metode ”action research” atau penelitian tindakan dengan menggunakan metode penelitian campuran (Mix Method). Tindakan dilakukan dalam satu siklus dengan hasil menunjukkan ada peningkatan 75% anak sudah menggunakan artikulasi dengan tepat, 90% anak kosakatanya meningkat dan 62.5% anak dapat memahami komunikasi dengan baik. Hasil tersebut menunjukkan bahwa metode pembelajaran lips languange dapat meningkatkan kemampuan berbicara pada anak terlambat bicara.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Lips language, kemampuan berbicara, terlambat bicara |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > School of Early Childhood Teaching Education |
Depositing User: | Fika Megawati |
Date Deposited: | 06 Jun 2018 03:24 |
Last Modified: | 30 Jun 2018 01:58 |
URI: | http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/3346 |
Actions (login required)
View Item |