wijaya, yopi parta (2018) PENERAPAN PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF SISWA. PTK B2 PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.
Text
Yopi Parta Wijaya_158620600235 pdf bru.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (123kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ketercapaian tingkat kemampuan berfikir kreatif siswa pada materi perbandingan melalui pembelajaran problem solving. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Sample yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas II di SDN Mojoruntut 1 Krembung yang diambil dengan tekik purposive sample dan hanya mengambil 3 sample yaitu siswa berkemampuan tinggi, sedang dan rendah. Data penelitian diambil dengan lembar observasi, tes pemecahan masalah soal cerita, dan wawancara. Pada penelitian ini pencapaian kemampuan berfikir kreatif difokuskan pada empat aspek yaitu fluency, flexibility, orisinil, dan elaboration. Adapun hasil penelitian menjelaskan bahwa kemampuan berfikir kreatif yang dicapai oleh siswa dengan kedudukan paling tinggi adalah fluency dan flexibility dengan kategori cukup baik bekisar antara 50-60% pada tiap sample.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | problem solving, berfikir kreatif. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education |
Depositing User: | M.Pd Mohammad Faizal Amir |
Date Deposited: | 09 May 2018 13:22 |
Last Modified: | 09 May 2018 13:22 |
URI: | http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/3285 |
Actions (login required)
View Item |