PENERAPAN MODEL DiSCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS DI SDN SUKO 2 KELAS IV

Wati, Fatma (2018) PENERAPAN MODEL DiSCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS DI SDN SUKO 2 KELAS IV. PTK 2018 B1 PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img] Text
11. FATMAWATI ( 158620600055).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (103kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena hasil pembelajaran yang rendah siswa kelas IV SDN SUKO 2. Hal tersebut dilatar belakangi peneliti untuk melakukan penelitian dengan, Model discovey learning. Discovery learning adalah suatu pembelajaran dengan mengharuskan peserta didik untuk lebih aktif, dan mencari informasi dengan sendiri. Discovery learning pada dasarnya menekankan pemahaman dalam konsep untuk pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk dapat mengetahui aktifitas peserta didik dan guru, mengetahui dari hasil pada proses pembelajaran siswa, dan juga masalah – masalah yang siswa hadapi dalam proses pembelajaran yang menggunkan pembelajaran discovery learning di kelas IV SDN SUKO 2. Dengan menggunakan teknik mengumpulkan data juga untuk mengetahui aktivitas siswa dan guru dalam proses pembelajaran, dengan tes agar dapat mengetahui hasil dari belajar peserta didik, dan dengan mewawancarai agar dapat mengetahui masalah yang akan dihadapi pada proses belajar dan menggunakan model pembelajaran discovery learning. Dari hasil pembelajaran yang menunjukkan bahwa pembelajarang yang menggunakan model discovery learning dapat meningkatkan aktivitas siswa dan guru dalam hasil belajar siswa. Hal tersebut dibuktikan dari hasil pengamatan yang diperoleh disetiap siklusnya. Siklus pertama, dengan aktivitas guru mencapai 70%, aktivitas pada siswa mencapai 60% dan dari hasil belajar siswa 65%. Dan Siklus kedua, pada aktivitas guru mencapai 85%, aktivitas siswa mencapai 75%,dan hasil belajar siswa 75%. Dengan kesimpulan dalam menerapkan model discovery learning, dilakkukan pada pembelajaran IPS dengan materi hambatan dalam mengatasi masalah sosial, agar dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan juga hasil dari pembelajaran kelas IV SD Negri SUKO 2

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Discovery learning, hasil belajar, dan pembelajran IPS
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education
Depositing User: M.Pd Mohammad Faizal Amir
Date Deposited: 21 May 2018 05:39
Last Modified: 21 May 2018 05:40
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/3217

Actions (login required)

View Item View Item