PENINGKATAN BERFIKIR KREATIF MELALUI CONTEXTUAL TEACHING and LEARNING PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS IV SDN GRABAGAN TULANGAN

Mellani, Susi (2018) PENINGKATAN BERFIKIR KREATIF MELALUI CONTEXTUAL TEACHING and LEARNING PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS IV SDN GRABAGAN TULANGAN. PTK 2018 B2 PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img] Text
susi mellani(15862060020).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (174kB)

Abstract

Dalam kegiatan belajar mengajar tidak terlepas dari subyek dari kegiatan tersebut ialah guru dan siswa. Contohnya dalam kegiatan pembelajaran mata pelajaran IPS atau Ilmu Pengetahuan Sosial, kebanyakan siswa merasa jenuh dan bosan karena di dalam kegiatan pembelajaran terpaku pada kegiatan ceramah guru. Hal ini membuat suasana kelas menjadi tidak beraturan, terkadang anak ramai,kurangnya kefokusan anak dalam menerima materi, dan akhirnya tujuan pembelajaran tidak dapat terselesaikan. Sikap kreatif yang dimiliki guru terdapat pada cara penyampaian materi,biasanya guru akan menggunakan alat bantu berupa media untuk menyampaikan materi. Dalam penelitian menggunakan rumusan masalah sebagai berikut “Apakah model pembelajaran CTL dapat meningkatkan cara berfikir kreatif siswa kelas 4 SD ?”.Pada kegiatan penelitian yang dilaksanakan ini,bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh pembelajaran CTL terhadap tingkat berfikir kreatif siswa sekolah dasar kelas 4 SDN Grabagan Tulangan. Penelitian ini menggunakan penelitian berbasis tindakan kelas, teknik pengumpulan data menggunakan bentuk tes, dan subyek yang di teliti ialah anak sekolah dasar kelas 4 SDN Grabagan Tulangan. Dalam penelitian tindakan kelas ini menggunakan dua siklus tindakan, dari hasil penelitian sebelum tindakan menunjukkan presentase sebesar 20% dan data setelah tindakan pada siklus I sebesar 42% dan siklus II melonjak ke 90%. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan pembelajaran CTL terbukti dapat meningkatkan kemampuan berfikir kreatif siswa dan pada umumnya siswa merespon dengan baik penggunaan pembalajaran CTL yang sudah diterapkan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: pembelajaran kontekstual, berfikir kreatif.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education
Depositing User: M.Pd Mohammad Faizal Amir
Date Deposited: 09 May 2018 11:18
Last Modified: 09 May 2018 11:18
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/3215

Actions (login required)

View Item View Item