PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COMPLETE SENTENCE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PARAGRAF UNTUK SISWA SD

Muzadi, M. Hasyim (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COMPLETE SENTENCE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PARAGRAF UNTUK SISWA SD. PTK 2018 B2 PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img] Text
M. HASYIM MUZADI_158620600081.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (160kB)

Abstract

Kemampuan membaca adalah proses kegiatan yang dilakukan siswa dalam memahami suatu tulisan untuk memperoleh hasil informasi dari bacaan. Apakah penerapan model complete sentence dapat meningkatkan kemampuan membaca paragraf untuk siswa kelas III SDN Cemengkalang Sidoarjo. Tujuan dari peneliti ini untuk meningkatkan kemampuan membaca paragraf kelas III. Metode yang digunakan untuk penelitian yaitu metode deskriptif. Subjek yang digunakan adalah siswa kelas III yang berjumlah 39 siswa. Teknik pengumpulan data berupa observasi langsung. Pada siklus I tindakan yang dilakukan guru yaitu siswa diminta berpasangan berdasarkan pilihan mereka rata-rata kemampuan membaca siswa kelas III menggunakan model complete sentence mendapatkan nilai kurang dengan nilai rata-rata 73,84. Pada siklus ke II, tindakan yang dilakukan yaitu siswa diminta berpasangan dengan teman sebangku masing-masing, sehingga hasil kemampuan membaca dari siklus II meningkat dengan nilai rata-rata 84,17. Pada siklus III, tindakan yang dilakukan yaitu siswa diminta berpasangan dengan pilihan dari guru, sehingga hasil dari siklus I dan siklus II meningkat sehingga menjadi tuntas dengan nilai rata-rata 86,38. Jadi, dapat disimpulkan bahwa menggunakan model complete sentence dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas III SDN Cemengkalang Sidoarjo. Kata Kunci : Kemampuan Membaca, Complette Sentence

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Kemampuan Membaca, Complete Sentence
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education
Depositing User: M.Pd Mohammad Faizal Amir
Date Deposited: 09 May 2018 10:37
Last Modified: 09 May 2018 10:37
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/3209

Actions (login required)

View Item View Item