PENERAPAN MODEL SCRAMBLE UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA KELAS III SDN SEKARDANGAN

EkaPutri, Tandarra (2018) PENERAPAN MODEL SCRAMBLE UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA KELAS III SDN SEKARDANGAN. PTK 2018 B1 PGSD UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SIDOARJO.

[img] Text
19. Tandarra EkaPutri 158620600084.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (233kB)

Abstract

Guru sebagai fasilitator dalam kegiatan belajar mengajar yang harus dapat merancang model pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model scramble untuk meningkatkan minat belajar siswa dalam pembelajaran IPA siswa kelas III SDN Sekardangan. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas III yang berjumlah 26 siswa. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang memiliki empat tahap dan dilaksanakan dalam dua siklus. Adapun permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah penerapan model pembelajaran scramble dapat meningkatkan minat belajar siswa dalam pembelajaran IPA? Tahapannya adalah perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Alat pengumpulan data pada penelitian ini yaitu berupa soal evaluasi dan lembar observasi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan teknik non tes. Data hasil penelitian pada indikator perhatian pada siklus I yang semula 76% pada siklus II meningkat menjadi 92%, indikator partisipasi yang semula 84% pada siklus II meningkat menjadi 96%, indikator perasaan senang yang semula 80% pada siklus II meningkat menjadi 92%, dan indikator saling kerja sama yang semula 80% pada siklus II meningkat menjadi 88%. Dapat disimpulkan bahwa melalui model scramble dapat meningkatkan minat belajar siswa pada pembelajaran IPA di SD. Kata kunci : model scramble, minat belajar siswa, pembelajaran IPA

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: model scramble, minat belajar siswa, pembelajaran IPA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education
Depositing User: M.Pd Mohammad Faizal Amir
Date Deposited: 07 May 2018 12:26
Last Modified: 09 May 2018 12:26
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/3204

Actions (login required)

View Item View Item