PENERAPAN PEMBELAJARAN TGT BERBANTUAN MEDIA MONOPOLI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PECAHAN KELAS 3 SD

Lutfianah, Nur Laili PENERAPAN PEMBELAJARAN TGT BERBANTUAN MEDIA MONOPOLI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PECAHAN KELAS 3 SD. PTK B2 PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar matematika pada materi pecahan dengan menerapkan metode pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) berbantuan dengan menggunakan media monopoli. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan dua tahap atau dua siklus, di setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi dan tahap refleksi. Subjek yang diteliti adalah siswa kelas 3 SD Negeri Sawocangkring dengan jumlah 28 siswa sedangkan untuk sumber datanya berasal dari guru kelas dan siswa. Dalam teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen tes dan non tes. Untuk non tes dilakukan dengan observasi, kajian dokumen dan angket.Teknik analisis data yang dilakukan menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan pada hasil penelitian yang dilakukan di SDN Sawocangkring, disimpulkan bahwa : (1) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dengan berbantuan monopoli dapat meningkatkan kualitas proses belajar pada materi pecahan. Hal ini dapat dilihat dari keaktifan siswa pada siklus I dan II. Presentase keaktifan siswa pada siklus I 60,75% dan 71,5% pada siklus II. (2) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) yang berbantuan monopoli dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pecahan. Hasil belajar yang dimaksud dalam penelitian ini yaitu ketuntasan belajar dan afektif siswa. Pada siklus I, persentase ketuntasan belajar siswa 65,28% dengan nilai rata-rata 72,3 dan pada siklus II, persentase ketuntasan belajar siswa meningkat menjadi 88,30% dengan nilai rata-rata 76,1.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: (TGT), monopoli, keaktifan, hasil belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education
Depositing User: M.Pd Mohammad Faizal Amir
Date Deposited: 04 May 2018 11:20
Last Modified: 21 Feb 2019 06:48
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/3196

Actions (login required)

View Item View Item