PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LITERASI DALAM PENINGKATAN KREATIVITAS BELAJAR KURIKULUM 2013 KELAS IV SD

Hasanah, Fitri (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LITERASI DALAM PENINGKATAN KREATIVITAS BELAJAR KURIKULUM 2013 KELAS IV SD. PTK 2018 B1 PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img] Text
Fitri Hasanah 148620600001.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (175kB)

Abstract

Peneliti memilih judul Penelitian Tindakan Kelas “Penerapan Model Pembelajaran Literasi Dalam Peningkatan Kreativitas Belajar Peserta Didik Kelas IV SD MUHAMMADIYAH 1 KRIAN Dalam Kurikulum 2013”, dikarenakan ada beberapa permasalah yang teridentifikasi ketika kegiatan belajar mengajar di kelas IV SD MUHAMMADIYAH 1 KRIAN, yaitu kurangnya kreativitas belajar peserta didik dikelas dan kurangnya kemampuan peserta didik dalam menerima dan menghafal materi pembelajaran kurikulum 2013, yang mana hal tersebut berdampak pada hasil belajar peserta didik. Dalam permasalahan yang telah teridentifikasi peneliti menerapkan model pembelajaran Literasi, dengan harapan dapat membangun kreativitas belajar peserta didik dan meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menerima dan menghafal materi pembelajaran kurikulum 2013, melalui pembiasaan membaca. Dalam penelitian ini, jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan terjadi suatu peningkatan dalam hasil belajar siswa. Siklus I menunjukkan peserta didik yang nilainya diatas KKM sebanyak 80% dan pada siklus II mengalami peningkatan sebanyak 90%. Instrument tes yang digunakan adalah Tes Kreativitas yang telah disusun oleh peneliti, yaitu dengan menggunakan unsur 5M, antara lain mengamati, menanya, menalar, mencoba, serta mengkomunikasikan yang hasilnya kemudian dikroscekkan dengan indikator kreativitas dan levelnya. Wawancara dalam penelitian ini digunakan untuk menggali alasan setiap jawaban dari setiap butir tes kreativitas yang dilakukan oleh peserta didik serta informasi yang diperlukan. Berdasarkan hasil yang didapatkan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa kreativitas belajar peserta didik kelas IV dalam menyelesaikan masalah hanya memenuhi 3 indikator saja, yaitu kelancaran, keluwesan, dan kerincian. Kata Kunci: Kreativitas belajar , model pembelajaran Literasi, kurikulum 2013

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kreativitas belajar , model pembelajaran Literasi, kurikulum 2013
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education
Depositing User: M.Pd Mohammad Faizal Amir
Date Deposited: 09 May 2018 11:38
Last Modified: 09 May 2018 11:38
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/3195

Actions (login required)

View Item View Item