Fauziah, enda Diny Zulfiyana PENGARUH MODEL TGT BERBANTUAN COUPLE CARD TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN SISWA DALAM PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN KELAS 3. journal of publication title : PTK B2 PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.
Text
NENDA.PTK.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (369kB) |
Abstract
Belajar merupakan suatu proses komunikatif terhadap segala situasi yang berada disekeliling siswa, mengingat bahwa proses belajar seharusnya dimulai dengan mengamati, menanya, mencoba, melihat, mengamati, menalar, mencoba, mengkomunikasikan, serta memahami, namun dalam penerapan factor-faktor yang justru menjadi penghambat adalah bervariasinya peserta didik yang jelas masing-masing memiliki latar belakang yang berlainan sehingga menimbulkan berbagai sikap. Metode cramah banyak digunakan dalam kegiatan belajar mengajar, hal tersebutlah yang peneliti jadikan sebagai latar belakang. Berpatok pada tujuan peneliti guru menjadi factor utama dalam perwujudan tujuan pendidikan, berarti berbagai kemampuan harus dikuasi oleh seorang guru, kemampuan yang dimiliki guru secara intelek dapat berupa pemahaman guru terhadap banyak hal seperti mampu dalam menyusun perangkat pembelajaran, mampu mengelola kelas secara luas , mampu menguasi berbagai metode dan model pembelajran salah satunya dalam penggunaan serta pengaplikasian model pembelajaran TGT serta kemampuan guru dalam pemanfaatan media dan pengunaan bahan serta barang dilingkungan siswa seperti couple card yang merupakan media yang terbuat dari kertas yang dapat dimanfaatkan berkali-kali sebagai media. Tujuan penelitian ini adalah “Apakah penerapan model pembelajaran TGT (Team Game Tournament) berbantuan couple card dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menjumlah dan mengurangi pada siswa kelas 3 SD”. Melalui penelitian tindak kelas yang masing masing meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh penggunaan model TGT berbantan couple card dalam menjumlah dan mengurangi bilangan 3 angka pada siswa kelas 3 SD SDN Wage. Hasil penelitian menunjukkan: (1) menurunnya ketegangan pada siswa saat pembelajaran berlangsung (2) meningkatnya kemampuan siswa dalam menjumlah dan mengurangi.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model TGT, Couple Card, Komunikatif |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education |
Depositing User: | M.Pd Mohammad Faizal Amir |
Date Deposited: | 04 May 2018 11:20 |
Last Modified: | 09 May 2018 12:56 |
URI: | http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/3190 |
Actions (login required)
View Item |