Aprilianti, Firda (2018) MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS IV SDN SEKARDANGAN SIDOARJO. PTK 2018 B1 PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.
Text
14. FIRDA APRILIANTI 158620600067.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (309kB) |
Abstract
Permasalahan yang terjadi pada kelas IV SDN Sekardangan Sidoarjo yakni: (1) siswa kurang berperan aktif dalam pembelajarann(2)Kurang motivasi karena pembelajaran yang itu-itu saja (3) lambat belajar (4) hasil belajar siswa dibawah rata-rata.Dalam permasalahan tersebut diterapkanlah model pembelajaran Quantum Teaching dimana peran guru sebagai fasilitator menjadikan apapun yang berada dalam ruang kelas harus berbicara atau nampak hidup untuk mengirimkan pesan tentang belajar, memberikan peran kepada siswa untuk belajar dengan dunia mereka sehingga minat belajar siswa dapat tumbuh dan memudahkan siswa untuk menyerap materi yang diajarkan oleh guru, dan hal ini akan berpengaruh pada hasil belajar siswa. Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), hasil penelitian menunjukan hasil belajar siswa mengalami peningkatan dimana Siklus I siswa yang nilainya diatas KKM sebanyak 82.34%, dan pada Siklus II yakni 85.28% . Diharapkan guru jangan ragu untuk mencoba hal baru demi berkembangnya proses belajar mengajar di kelas salah satunya yakni menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching, ini mampu membangkitkan antusias atau minat siswa saat belajar, memperbanyak aktifitas siswa dan mengalami peningkatan hasil belajar siswa.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Quantum Teaching, Hasil belajar, aktifitas siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education |
Depositing User: | M.Pd Mohammad Faizal Amir |
Date Deposited: | 07 May 2018 12:17 |
Last Modified: | 09 May 2018 12:24 |
URI: | http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/3189 |
Actions (login required)
View Item |