MODEL TGT BERBANTUAN MEDIA KARTU BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR IPA SISWA KELAS 4 SD

Dewi, Puja Suryaning (2018) MODEL TGT BERBANTUAN MEDIA KARTU BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR IPA SISWA KELAS 4 SD. PTK 2018 B2 PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

Full text not available from this repository. (Request a copy)

Abstract

Salah satu permasalahan yang timbul sehingga tercipta kurangnya semangat untuk mempelajari IPA adalah siswa kurang minat dan rata-rata anak kurang mampu mengekspresikan kemampuannya dalam pembelajaran IPA tak terkecuali Di SDN Keboguyang jabon. Yang terlihat dari beberapa banyaknya siswa yang tidak menyelesaikan tugas rumahnya, dan tugas – tugas sekolah yang sama sekali jarang bahkan tidak terselesaikan, tidak adanya konsentrasi terhadap materi pembelajaran dan mereka lebih memilih melihat bahkan menyontek pekerjaan temannya sendiri jadi rata-rata siswa memilih pekerjaan yang instan. Setiap pembelajaran siswa juga cenderung sering keluar kelas. Itupun juga sangat berdampak buruk terhadap rendahnya kualitas belajar dan pemahaman siswa mengenai pelajaran IPA. Perlu sebuah solusi untuk mengembalikan minat siswa yaitu dengan menggunakan model pembelajaran TGT Berbantuan kartu bergambar. Pada solusi tersebut membutuhkan penelitian untuk melihat seberapa solusi tersebut dapat di terima dan di jalankan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan model penelitian menurut Kemmis dan Mc Taggart. Prosedur penelitian tersebut terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, penelitian dan refleksi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui minat belajar siswa dengan hasil penerapan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran TGT Berbantuan kartu bergambar untuk mengetahui minat belajar siswa Di SDN Keboguyang. Serta tak lepas dari siklus pembelajaran. Siklus tersebut terdiri dari 1 siklus dengan 2 pertemuan. Dan juga pembelajaran dengan menggunakan model TGT Dengan bantuan kartu bergambar diharapkan dapat membantu seorang pendidik Di SDN Keboguyang untuk meningkatkan sebuah minat yang harus dimiliki oleh seorang siswa dalam mempelajari IPA.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran TGT, IPA, Minat belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education
Depositing User: M.Pd Mohammad Faizal Amir
Date Deposited: 04 May 2018 11:38
Last Modified: 04 May 2018 13:14
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/3185

Actions (login required)

View Item View Item