Alvihana, Umma Mutma’inah (2018) PENGAJARAN LANGSUNG UNTUK MENURUNKAN KESULITAN BELAJAR ANAK KELAS V DALAM PELAJARAN MATEMATIKA KHUSUSNYA PERKALIAN DI SDN GELAM 1 SIDOARJO. PTK 2018 B2 PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.
Text
Umma Mutma'inah A 158620600163.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (186kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi dengan pengajaran langsung di SDN gelam 1 Sidoarjo pada kelas V dalam pelajaran Matematika. Pada saat itu hasil belajar yang kurang terjadi di pelajaran matematika khususnya pada perkalian yang dapat di buktikan dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa. siswanya sebanyak 25 siswa. Peneliti melakukan penelitian tindakan kelas yang akan terdapat 2 siklus. Pada tindakan ini terdapat 4 tahapan yang harus dilalui menurut Kemmis dan Mc. Taggart, yaitu Perencanaan, Tindakan, Observasi dan Refleksi. Cara pengambilan data yang dilakukan adalah lembar kegiatan siswa dan diadakan tes harian. siklus 1 dan 2 cara penggambilan datanya sama. Untuk siklus pertama data yang diperoleh untuk uji tes dari 25 siswa yang lulus hanya beberapa siswa saja, melihat dari siwa yang kurang aktif atau bisa juga dikatakan pasif. hasil itu dapat di dapatkan persentase rata-rata nya 47,16% untuk persentase siklus pertama. Untuk persentase siklus ke 2 banyak peningkatan dari keaktifan dan nilai lembae tes siswa juga semakin baik. Persentase yang diperoleh pada siklus 2 rata-ratanya 66,32%.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengajaran langsung, Kesulitan belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education |
Depositing User: | M.Pd Mohammad Faizal Amir |
Date Deposited: | 09 May 2018 12:15 |
Last Modified: | 09 May 2018 12:15 |
URI: | http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/3171 |
Actions (login required)
View Item |