PENDEKATAN EKSPLORATORY DISCOVERY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDIT INSAN KAMIL SIDOARJO

Sukmadewi, Rahmi (2018) PENDEKATAN EKSPLORATORY DISCOVERY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDIT INSAN KAMIL SIDOARJO. PTK 2018 B1 PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img] Text
9. Rahmi Sukmadewi 158620600050.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (111kB)

Abstract

Salah satu permasalah yang terjadi pada pembelajaran IPA di SDIT Insan Kamil Sidoarjo adalah (1) Konsentrasi siswa kurang terfokus pada saat pembelajaran IPA berlangsung (2) Kurangnya kesadaran Siswa terhadap pembelajaran IPA (3) Siswa kurang memperhatikan penjelasan guru pada saat pembelajaran IPA berlangsung (4) Kurangnya kemampuan siswa pada pembelajaran IPA. Dalam pembelajaran di kelas, guru lebih cenderung dan monoton dalam penyampaian materi selama proses pembelajaran berlangsung. Hal ini dapat membuat hasil belajar siswa di SDIT Insan Kamil menjadi rendah. untuk itu, mengatasi permasalahan tersebut perlu dilakukan solusi yakni Penerapan Pendekatan Eksploratory Discovery di SDIT Insan Kamil Sidoarjo. Rumusan masalah dalam Penelitian Tindakan Kelas ini adalah “Dalam menggunakan Pendekatan Eksploratory Discovery, apakah dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPA pada siswa kelas IV SDIT Insan Kamil Sidoarjo”? penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPA pada siswa Kelas IV SDIT Insan kamil Sidoarjo dengan menggunakan Pendekatan Eksploratory Discovery. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari 2 Siklus yang dilakukan dalam 2 kali pertemuan. Berdasarkan hasil penelitian setelah dilakukan penerapan pendekatan Eksploratory Discovery dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa meningkat pada pembelajaran IPA siswa kelas IV di SDIT Insan Kamil Sidoarjo, Hal ini dapat dilihat dari (1) Siswa lebih mudah mendapatkan materi yang diajarkan oleh guru (2) Siswa lebih aktif pada saat proses pembelajaran berlangsung (3) Siswa dapat menyelesaikan tugas yang berkaitan dengan pembelajaran IPA (4) Sudah dapat terfokus pada saat pembelajaran IPA berlangsung.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Eksploratory Discovery, hasil belajar, pembelajaran IPA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education
Depositing User: M.Pd Mohammad Faizal Amir
Date Deposited: 09 May 2018 10:19
Last Modified: 09 May 2018 10:19
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/3166

Actions (login required)

View Item View Item