MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TERHADAP KURIKULUM 2013 MELALUI PENDEKATAN SCIENTIFIC LEARNING

Sholikha, Yuni MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TERHADAP KURIKULUM 2013 MELALUI PENDEKATAN SCIENTIFIC LEARNING. PTK A3 PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img] Text
127 Wahyuni Lailatul S.-----.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (268kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pemahaman siswa terhadap kurikulum 2013 yang melalui pendekatan Scientific Learning. Penelitian ini dilakukan di SDN Sumbersari II kelas IV. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Desain model penelitian yang digunakan oleh peneliti mengacu pada model Kemmis dan Tagart (1990). Dimana didalamnya termuat beberapa tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi, dan tahap refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti yaitu kuesioner dan instrumennya tes dan nontes. Instrumen nontes disini karena peneliti mengamati secara langsung keadaan, melalui tanya jawab kepada siswa tentang materi dan kesimpulan yang dia dapatkan dari pelajaran hari ini. Sedangkan analisis data yang digunakan oleh peneliti tergolong kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan pada siklus I peresentase pemahaman siswa terhadap kurikulum 2013 mencapai 57% sedangkan peresentase pada siklus II mencapai 83% sehingga selisih dari siklus I dan siklus II sebesar 26%.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pemahaman, Kurikulum 2013, Scientific Learning.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education
Depositing User: M.Pd Mohammad Faizal Amir
Date Deposited: 04 May 2018 05:10
Last Modified: 04 May 2018 07:50
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/3148

Actions (login required)

View Item View Item