PENERAPAN PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS MATERI KELILING DAN LUAS BANGUN DATAR KELAS III SD

Rahmawati, Lindia PENERAPAN PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS MATERI KELILING DAN LUAS BANGUN DATAR KELAS III SD. PTK A1 2018 PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img] Text
LINDIA RAHMAWATI_158620600036.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (193kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan berpikir kritis siswa pada materi keliling dan luas bangun datar melalui penerapan pembelajaran inkuiri terbimbing. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas III. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi dan tes yang berupa post test. Data yang telah terkumpul dianalisis secara analisis deskriptif. Dari hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut : (a) Penggunaan pembelajaran inkuiri terbimbing dapat meningkatkan aktivitas siswa pada siklus 1 diperoleh rata-rata aktivitas belajar siswa 76,75 % dan mengamalami peningkatan di siklus II rata-rata aktivitas belajar siswa 93,05 %. (b) Penggunaan pembelajaran inkuiri terbimbing dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada siklus I diperoleh hasil rata-rata post test dari 28 siswa pada pertemuan I rata-rata post test sebesar 72,33 % dan meningkat di pertemuan II hasil rata-rata post test sebesar 76,22 % pada siklus II mengalami peningkatan pada pertemuan I rata-rata 77,29 % dapat meningkat di pertemuan II rata-rata 85,35%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan pembelajaran inkuiri terbimbing dalam materi keliling dan luas bangun datar dapat meningkatkan berpikir kritis siswa.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran inkuiri terbimbing , dan berpikir kritis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education
Depositing User: M.Pd Mohammad Faizal Amir
Date Deposited: 04 May 2018 03:17
Last Modified: 04 May 2018 03:17
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/3131

Actions (login required)

View Item View Item