Saputra, Danil MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA SD DALAM PEMBELAJARAN IPS DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY. PTK A1 2018 PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.
Text
DANIL SAPUTRA_158620600037.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (243kB) |
Abstract
Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya aktifitas siswa dalam prose pembelajaran IPS. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan untuk meningkatkan aktifitas belajar IPS siswa kelas V SDN Pamotan II Porong dengan menerapkan model pembelajaran Two Stay Two Stray (TS-TS) intrumen pengumpulan data berupa lembar obesrvasi aktifitas siswa denga melalui Siklus I dan Siklus II dan setiap siklus diadakan dua kali pertemuan Dari hasil pengamatan observai dari siklus I dan dilanjutkan dengan siklus II dapat disimpulkan bahwa tejadi peningkatan aktifitas siswa pada setiap pertemuan proses pembelajaran siswa. Seperti yang terlihat pada tabel obeservasi aktifitas siswa, pada pertemuan siklus I, terdapat persentase aktivitas siswa sebanyak 54,7% dan pada pertemua kedua siklus I menigkat menjadi 66,9%. Dan dilajutkan dengan observasi aktivitas siswa pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 84,1%. Terjadi peningktan yang signifikan jika dibandingkan dengan aktivitas siswa pada siklus I. Pada pembelajaran ke dua aktivitas siswa siklus II mengalami peningkatan yang sangat baik dengan persentase aktifitas siswa dengan besar persentase mencapai 92,7%. Hasil penelitian di kelas V SD Pamotan II Porong membuktikan terdapat peningkatan aktifitas belajar IPS setelah menerapkan model pembelajaran Two Stay Two Stray (TS-TS)
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Aktifitas Pembelajaran, Model Pembelajaran, Two Stay Two Stray (TS-TS) |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education |
Depositing User: | M.Pd Mohammad Faizal Amir |
Date Deposited: | 04 May 2018 03:09 |
Last Modified: | 05 May 2018 02:48 |
URI: | http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/3124 |
Actions (login required)
View Item |