PENGGUNAAN MODEL GUIDE INQUIRY LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN SISWA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI KPK DAN FPB

Ningsih, Sri Wahyu Mulia PENGGUNAAN MODEL GUIDE INQUIRY LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN SISWA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI KPK DAN FPB. PTK A1 PGSD FKIP 2018 Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img] Text
Sri Wahyu Mulia Ningsih.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (35kB)

Abstract

Proses dan hasil belajar siswa memiliki peranan yang cukup penting dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah. Peranan guru sangat penting dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah. Di kelas IV terdapat materi KPK dan FPB, dimana materi ini tergolong materi baru bagi siswa kelas IV, namun inti dari penghitungan KPK dan FPB telah diberikan di kelas sebelumnya yaitu perkalian dan pembagian. Di awal pembelajaran siswa terlihat baik-baik saja dan enjoy dalam belajar, namun setelah dilakukan evalauasi guna mengukur sejauh mana ketercapaian siswa dalam menyerap materi yang disampaikan hasilnya sangatlah mengecewakan. Melalui diskusi dengan guru kelas, penulis memilih metode guide inquiri untuk mengatasi permasalahan pembelajaran matematika materi KPK dan FPB. Guide inquiry adalah sebuah model pembelajaran yang mendesain sebuah pola untuk digunakan sebagai pedoman dalam merencanakan pembelajaran dan untuk menentukan perangkat pembelajaran pendukung seperti buku-buku, film, computer,kurikulum, dan lain-lain (Joyce dalam Nurul Kindy-2015,h.6). Dari hasil penelitian penggunaan metode guide inquiri didapatkan data kemandirian belajar siswa indicator keberhasilan pada aspek tidak tergantung pada orang lain adalah 70% dengan hasil sebagai berikut: prasiklus sebesar 30,21%, siklus I sebesar 41,67% dan siklus II sebesar 68,23%. Indicator keberhasilan pada aspek mengontrol diri adalah 75% dengan hasil sebagai berikut: prasiklus sebesar 69,79%, siklus I sebesar 76,57% 83,86% dan siklus II sebesar 83,86%. Indicator keberhasilan pada aspek tanggung jawab adalah 70% dengan hasil sebagai berikut: prasiklus sebesar 47,92%, siklus I sebesar 62,51% dan siklus II sebesar 76,05%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Guide Inquiry dapat meningkatkan kemandirian siswa dalam pelajaran Matematika materi KPK dan FPB.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Guide Inquiry Learning, kemandirian belajar, KPK dan FPB.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education
Depositing User: M.Pd Mohammad Faizal Amir
Date Deposited: 04 May 2018 03:03
Last Modified: 04 May 2018 03:03
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/3117

Actions (login required)

View Item View Item