MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE SCRIPT

Puspita sari, Dwiana MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE SCRIPT. PTK A1 2018 PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img] Text
dwiana_158620600056.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (146kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaiman cara meningkatkan minat membaca siswa saat menggunakan model cooperative script dan belajar tanpa menggunakan model cooperative script yang dilakukan pada kelas IV SD WAHID HASYIM. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa siswa lebih memiliki minat membaca yang di uji dari dua kelas yang berbeda dan dengan dua kelas yang sama, dari hasil yang telah di uji coba sisw lebih memiliki minat yang tinggi dalam membaca saat menggunakan metode cooperative script karena model tersebut memberikan semangat siswa untuk membaca, sedangkan yang tidak menggunakan model cooperative script siswa tidak memiliki semangat dan minat seperti siswa yatau kelas lain saat menggunakan metode cooperative scirpt. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) . penelitian ini dilakukan oleh guru kelas IV SDI WAHID HASYIM dengan jumlah siswa 29 siswa dengan 13 sisw laki-laki dan 16 siswa perempuan. Pada penelitian pembelajaran ini menggunakan model cooperative script cara meningkatkan minat membaca siswa ,karena sebagian dari mereka hampir keseluruhan sangatlah rendah. Dikarenakan guru yang masih menggunakan metode pembelajaran yang sangat monoton ,pemelajaran yang menggunakan metode ceramah sehingga membuat siswa tersebut jenuh. Kesimpulan dari penelitian di atas bahwa siswa membutuhkan motifasi dari guru, siswa tidak mendaptkan kenyamanan saat menggunakn model pembelajarann yang monoton yang mnggunakan metode ceramah saja ,sehingga guru harus mempunya model-model pembelajaran yang tidak membosan kan dan harus memberi banyak motifasi untuk siswa sehingga siswa tersebut termotifasi. Menggunakan model yang tepat khusunya dalam pembelajaran PPKN ini dengan menggunakan model Cooperative Scirpt.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: meningkatkan minat, membaca, cooperative script
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education
Depositing User: M.Pd Mohammad Faizal Amir
Date Deposited: 04 May 2018 03:16
Last Modified: 04 May 2018 08:16
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/3115

Actions (login required)

View Item View Item