IMPLEMENTASI CTL MATA PELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR ANALITIS SISWA KELAS III-D SDN SIDOKLUMPUK

Arif, Dini IMPLEMENTASI CTL MATA PELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR ANALITIS SISWA KELAS III-D SDN SIDOKLUMPUK. PTK A3 PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img] Text
146 Dini Noer H. A.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (153kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi model pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) untuk meningkatkan kemampuan berpikir analitis siswa kelas III D SDN Sidoklumpuk pada mata pelajaran matematika. Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan dalam 2 siklus. Setiap siklus melalui 4 tahap yakni perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data melalui kegitan observasi, pemberian tes, dan pemberian angket. Analisis data dilakukan dengan deskriptif analitis. Instrumen dalam penelitian ini adalah RPP, lembar observasi, angket dan soal tes. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III D SDN Sidoklumpuk yang berjumlah 32 siswa yang terdiri dari 18 laki-laki dan 14 perempuan. Hasil penelitian menunjukkan pada siklus I terdapat 80,5% siswa yang menerapkan kemampuan berpikir analitis dan pada siklus II terdapat 95,35% siswa yang menerapkan kemampuan berpikir analitis. Jadi dapat disimpulkan bawa penerapan model pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) dapat meningkatkan kemampuan berpikir analitis siswa.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Model CTL, Kemampuan Berpikir Analitis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education
Depositing User: M.Pd Mohammad Faizal Amir
Date Deposited: 04 May 2018 02:42
Last Modified: 04 May 2018 07:43
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/3107

Actions (login required)

View Item View Item