Wulandari, Dwi PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN DENGAN METODE PEMBELAJARAN SCRUMBLE SISWA KELAS III SDN KEBONAGUNG 1 PORONG. PTK A1 2018 PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.
Text
DWI WULANDARI_158620600031.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (171kB) |
Abstract
Penelitian ini di latarbelakangi karena kurang maksimalnya hasil belajar dalam membaca pemahaman siswa SD kelas III. Penelitian ini bertujuan untuk dapat meningkatkan kemampuan dalam membaca pemahaman dengan metode pembelajaran scrumble pada siswa kelas III SDN Kebonaagung 1 Porong. Metode dalam penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) secara kolaboratif dengan desain penelitian menurut Kemmis & Mc Taggert yang terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi dari setiap siklus. Subyek penelitian ini adalah siswa yang duduk pada kelas III SDN Kebonagung 1 dengan jumlah peserta 27 siswa dengan total 15 siswa perempuan dan 12 siswa laki-laki. Metode pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah observasi, dokumentasi, wawancara, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode scrumble dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas III SDN Kebonagung 1 Porong. Peningktan nilai rata-rata kelas dalam sebuah pembelajaran yakni dari pratindakan yang awalnya 59,3 menjadi naik 68,6 dan lebih tinggi lagi dengan hasil pada siklus tindakan II yakni sejumlah 75,9.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan membaca, membaca pemahaman, metode scramble |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education |
Depositing User: | M.Pd Mohammad Faizal Amir |
Date Deposited: | 04 May 2018 02:58 |
Last Modified: | 04 May 2018 03:10 |
URI: | http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/3100 |
Actions (login required)
View Item |