Sari, Novita PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MELALUI METODE REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION MATERI BANGUN DATAR DI SD. PTK A3 PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.
Text
126 Novita Ainun sari-----.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (212kB) |
Abstract
Metode pembelajaran sangat mempengaruhi tinggi atau rendahnya hasil belajar pada siswa. Dikelas IV, terlihat guru menggunakan metode Realistic Mathematics Education dalam pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. dengan menggunakan metode ini siswa mampu diarahkan untuk meningkatkan hasil belajar mereka. Tetapi dalam pembelajaran ada siswa yang tidak aktif atau terlihat malas. Lalu disini peneliti melkukan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan model Kemmis Tanggart yang dilaksanakan dalam siklus dan dimana disetiap siklus terdapat tiga tindakan. Subyek penelitian ini dilakukan kepada seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 6 siswa yang terdiri dari 5 siswa laki-laki dan 1 siswi perempuan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat keberhasilan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran matematika materi bangun datar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dari 5,6% (Siklus 1) menjadi 8,9% (Siklus II). Begitupun dengan nilai siswa saat melakukan presentasi di depan kelas. Berdasarkan hasil yang didapat pada kegiatan pembelajaran dengan metode Realistic Mathematics Education maka dapat disimpulkan bahwa perbaikan dengan menggunakan metode tersebut dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi bangun datar di kelas IV, berarti siswa lebih senang dan lebih fokus dengan menggunakan metode ini.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bangun Datar, Realistic Mathematics Education |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education |
Depositing User: | M.Pd Mohammad Faizal Amir |
Date Deposited: | 04 May 2018 02:40 |
Last Modified: | 04 May 2018 07:53 |
URI: | http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/3099 |
Actions (login required)
View Item |