PENGGUNAAN MODEL DISKUSI BUZZ GRUP MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA KELAS IV SDN URANG AGUNG SIDOARJO

Fitria, Lailatul PENGGUNAAN MODEL DISKUSI BUZZ GRUP MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA KELAS IV SDN URANG AGUNG SIDOARJO. PTK A1 2018 PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img] Text
Lailatul Fitria.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (230kB)

Abstract

Abstrak Pendidikan merupakan tuntunan segala kekuatan kodrat yang ada pada anak-anak, agar mereka sebagai manusia dan sebagai anggota masyarakat mendapat keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya (TIM MKDK, 1990). Tujuan penelitian ini sebenarnya untuk mengetahui penggunaan model buzz grup dalam pembelajaran IPA khususnya pada materi bagian-bagian akar tumbuhan dengan cara diskusi per kelompok dan saling bertukar pikiran. Metode penelitian dengan menggunakan beberapa metodologi yang pertama sumber data. Teknik pengumpulan data, analisis, prosedur penelitian. Penelitian tindakan kelas ini rancangannya akan dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari beberapa langkah diantaranya adalah pertama Perencanaan Tindakan, kedua Pelaksanaan Tindakan, Ketiga Observasi, keempat Evaluasi. Subyek penelitiannya adalah peserta didik kelas IV di SDN Urang Agung Sidoarjo yang berjumlah 28 anak. Sedangkan obyeknya yaitu penggunaan model diskusi buzz grup untuk mata pelajaran IPApada materi bagian-bagian akar pada tumbuhan. Pengumpulan data dimulai dari observasi yang dilakukan oleh peneliti selama proses penelitian berlangsung, kemudian melakukan wawancara pada saat selesai pembelajaran, dan mengumpulkan dokumen berupa LKS, lembar pengamatan,dan daftar nilai, dan tes yang dibuat oleh peneliti untuk menguji hasil belajar siswa kelas IV di SDN Urang Agung Sidoarjo. Sedangkan di dalamnya memuat analisis datanya menggunakan model interaktif yang di dalamnya memuat tiga komponen yaitu sajian data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil pembelajaran pada siklus 1 dengan banyaknya siswa kelas IV di SDN Urang Agung Sidoarjo 28 peserta didik rata-rata dari nilai mereka adalah 72,85, nilai tertinggi yaitu 90, dan nilai terendah 40 ada 8 anak yang belum tuntas. Pada siklus II dengan banyaknya siswa kelas IV 28 peserta didik rata-rata dari nilai mereka adalah 81,78 dengan nilai tertinggi 100 dan nilai terendah adalah 50 ada 1 anak yang belum tuntas. Berdasarkan hasil pengamatan yang dilakukan peneliti pada peserta didik kelas IV di SDN Urang Agung Sidoarjo dengan materi pokok bagian-bagian akar pada tumbuhan mengalami peningkatan pada siklus II. Melalui model pembelajaran diskusi buzz grup siswa lebih semangat dalam belajarnya, siswa juga lebih kreatif dari sebelumnya karena adanya media (alat peraga) yang cukup memadai dalam proses belajar mengajar, siswa lebih aktif, dan tidak membosankan, proses pembelajaran pun menjadi tepat waktu.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pendidikan, buzz grup, prosedur penelitian, hasil belajar, peningkatan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education
Depositing User: M.Pd Mohammad Faizal Amir
Date Deposited: 04 May 2018 03:25
Last Modified: 04 May 2018 03:25
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/3096

Actions (login required)

View Item View Item