UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK SISWA KELAS IV SDWAHID DASHIM SIDOARJO

Hidayati, Eka nor UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK SISWA KELAS IV SDWAHID DASHIM SIDOARJO. PTK A1 2018 PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img] Text
Eka Nor Hidayati_158620600012.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (220kB)

Abstract

Abstrak Penelitian bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Wahid Dashim Sidoarjo melalui pendekatan matematika realistik. Di daam pendektan ralistik terdapat beberapa fase-fase yang haru diketahui oleh guru, agar pembelajaran lebih menarik dan tidak membuat siswa menonton. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan pada saat observasi selama kegiatan pembelajaran menggunakan lembar observasi, keaktifan siswa, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini diperoleh dari hasil tes belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa matematika kelas IV SD Wahid Dashim Sidoarjo mengalami peningkatan. Hal ini menggunakan pendekatan matematika realistik yang menekankan pada 8 aspek yang sudah menjadi kriteria bagi guru, didalam peningkatan hasil belajar siswa sudah mengalami banyak peningkatan mulai dari siklus 1 sampai dengan siklus II. Hasil belajar siswa melalui pembelajaran realistik ini menunjukkan bahwa siswa pada saat siklus satu mandapatkan peningkatan 65,52% sedangkan siklus II mendapat peningkatan 86,21%.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: hasil belajar matematika, pendekatan realistik matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education
Depositing User: M.Pd Mohammad Faizal Amir
Date Deposited: 04 May 2018 02:45
Last Modified: 04 May 2018 02:45
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/3094

Actions (login required)

View Item View Item