PENGGUNAAN MODEL CTL DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHITUNG LUAS PERSEGI DAN PERSEGI PANJANG SISWA KELAS III

Tantri, Fernanda PENGGUNAAN MODEL CTL DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHITUNG LUAS PERSEGI DAN PERSEGI PANJANG SISWA KELAS III. PTK A1 2018 PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img] Text
Fernanda Tantri.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (141kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi kemampuan menghitung siswa SDN Urang agung dalam materi luas persegi dan persegi panjang dengan menggunakan model CTL. Subjek yang diambil dalam penelitian ini adalah kelas IIIb SDN Urang Agung dalam tahun ajaran 2017-2018 yang terdiri dari 30 siswa. Permasalahan yang dihadapi siswa yaitu penggunaan model yang kurang tepat dalam materi tersebut, sehingga siswa tidak bisa menghitung dengan benar khususnya dalam materi tersebut. Peneliti menggunakan model CTL untuk meningkatkan kemampuan menghitung siswa dalam materi luas persegi dan persegi panjang. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah soal tes sesuai dengan materi, wawancara, dan observasi. penulis memilih jenis penelitian ini menggunakan model dari Kemmis & McTaggrat dalam Amir & Santika (2017) yang dilakukan dengan 4 tahap yaitu, 1) perencanaan, 2) tindakan, 3) observasi, dan 4) refleksi. Model ini menggunakan siklus 1 dan siklus 2.Kesimpulan yang dapat dikemukakan dalam penelitian ini adalah penggunaaan model CTL dapat meningkatkan kemampuan berhitung dalam materi luas persegi dan persegi panjang pada siswa kelas III SDN Urang Agung.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Model CTL, menghitung luas persegi dan persegi panjang.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education
Depositing User: M.Pd Mohammad Faizal Amir
Date Deposited: 04 May 2018 03:25
Last Modified: 04 May 2018 03:25
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/3090

Actions (login required)

View Item View Item