PENINGKATAN RASA PERCAYA DIRI DALAM MEMBACA PUISI UNTUK SISWA KELAS V SD DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA INSTRUMEN LAGU

Amri, Andy Robby Iftida (2018) PENINGKATAN RASA PERCAYA DIRI DALAM MEMBACA PUISI UNTUK SISWA KELAS V SD DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA INSTRUMEN LAGU. PENINGKATAN RASA PERCAYA DIRI DALAM MEMBACA PUISI UNTUK SISWA KELAS V SD DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA INSTRUMEN LAGU.

[img] Text
Andy Robby Iftida Amri 158620600231(fix).pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (101kB)

Abstract

Dewasa ini masih banyak siswa SD yang merasa sangat kurang mampu dalam mengekspresikan diriya sendiri di depan kelas. Tak terkecuali bagi siswa sd yang ada di SDN Jati 1 sidoarjo. Oleh karena itu tujuan dari penelitian tindakan kelas ini adalah mengetahui apakah penggunaan bantuan media audio berupa lagu instrumen ini dapat (1) meningkatkan minat siswa kelas V SDN Jati 1 sidoarjo dalam membaca puisi. (2) meningkatkan keterampilan siswa kelas V SDN Jati 1 sidoarjo. Serta tak lepas dari siklus pembelajaran yang dikemukakan oleh Kemmis dan Taggart. Siklus tersebut terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Serta hasil penelitian yang dilaksanakan menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media audio berupa lagu instrumen dapat(1) Meningkatkan minat membaca puisi siswa.Kondisi awal minat siswa 34(minat rendah) menjadi 68(minat tinggi) pada akhir pembelajaran di siklus I. Pada akhir siklus II meningkat menjadi 68,1 (minat tinggi). serta pada siklus II juga mengalami peningkatan menjadi 78,6. persentase siswa yang mencapai KKM 80 juga meningkat. Pada kondisi awal terdapat 43,3% siswa yang mencapai KKM. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media audio berupa lagu instrumen dapat meningkatkan minat dan keterampilan siswa pada pelajaran bahasa Indonesia khususnya dalam pembelajaran menulis dan membaca puisi.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Membaca puisi, Media Audio
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education
Depositing User: M.Pd Mohammad Faizal Amir
Date Deposited: 21 Feb 2019 06:47
Last Modified: 21 Feb 2019 06:47
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/3089

Actions (login required)

View Item View Item