IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA MATA PELAJARAN PKN KELAS 3 SDN SIDOKLUMPLUK

Andriyanti, Lujeng IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA MATA PELAJARAN PKN KELAS 3 SDN SIDOKLUMPLUK. PTK A3 PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img] Text
159 - Lujeng Andriyanti Fixx.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (459kB)

Abstract

Abstrak Berdasarkan kejadian dilapangan, kondisi belajar siswa sudah kondusif dan sudah optimal, dari segi materi penyampaian mata pelajaran PKN guru sudah sangat jelas. Dalam hal ini peneliti telah menggunakan model pembelajaran example non example, tujuannya untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang mata pelajaran PKN kelas 3. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus tindakan. Dalam setiap siklus ada beberapa langkah-langkah yang menunjukkan berhasil tidaknya seperti perencanaan serta tindakan, pengamatan, dan juga refleksi. Tempat dan subyek penelitian adalah siswa kelas 3 SDN Sidoklumpuk Sidoarjo. Hasil penelitian telah menujukkan bahwa model pembelajaran example non example dapat meningkatkan pemahaman pada siswa kelas 3 di SDN Sidoklumpuk Sidoarjo, dapat diperoleh 82 % sudah memenuhi nilai yang ditentukan. Yang dapat diperoleh melalui model example non example. Ketuntasan pemahaman pada siswa dapat dicapai pada siklus I dan ll yang dapat mengalami peningkatan sangat signifikan/tinggi sehingga sangat berpengaruh pada nilai akhir yang didapat oleh siswa. Saran yang dapat diajukan dalam pembelajaran selanjutnya adalah: Guru harus lebih mempersiapkan lagi dengan matang tentang pembelajaran serta pemahaman yang akan dilakukan melalui pemilihan materi yang sesuai dengan model example non example dalam proses pembelajaran mata pelajaran PKN, sehingga hasil pemahaman siswa dapat meningkat dan memperoleh hasil yang maksimal atau bagus.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: example non example, Pemahaman siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education
Depositing User: M.Pd Mohammad Faizal Amir
Date Deposited: 04 May 2018 02:19
Last Modified: 04 May 2018 02:19
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/3078

Actions (login required)

View Item View Item