PENINGKATAN KEMAMPUAN METAKOGNISI SISWA MELALUI MODEL IMPROVING LEARNING DALAM MATERI BANGUN DATAR PADA SEKOLAH DASAR

Yunara, Auliya PENINGKATAN KEMAMPUAN METAKOGNISI SISWA MELALUI MODEL IMPROVING LEARNING DALAM MATERI BANGUN DATAR PADA SEKOLAH DASAR. PTK A1 2018 PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img] Text
AULIYA YUNARA_158620600053.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (233kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui apakah proses kegiatan pembelajaran yang ditampilkan oleh guru pada klasifikasi baik untuk mendukung peningkatan kemampuan metakognisi siswa , (2) meningkatkan kemampuan metakognisi siswa kelas IV SDN Urang Agung Sidoarjo, (3) meningkatkan kemampuan penggunaan strategi untuk memecahkan masalah bangun datar menggunakan model pembelajaran Improving Learning. Teknik pengumpulan data menggunakan : observasi, catatan lapangan, dan tes kemampuan metakognisi. Analisis data dilakukan secara kualitatif dan kauntitatif. Hasil penelitian menunjukkan : (1) proses kegiatan pembelajaran yang ditampilkan oleh guru pada klasifikasi baik untuk mendukung peningkatan kemampuan metakognisi siswa, (2) kemampuan metakognisi siswa kelas IV SDN Urang Agung meningkat dibuktikan dengan nilai rata-rata siswa yang awalnya 67,5 di Siklus I meningkat menjadi 91,5 di Siklus II, (3) kemampuan penggunaan strategi untuk memecahkan masalah bangun datar meningkat dengan presentase 60% di Siklus I menjadi 89,8% di Siklus II.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kegiatan pembelajaran, kemampuan metakognisis, kemampuan penggunan strategi, Improving Learning.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education
Depositing User: M.Pd Mohammad Faizal Amir
Date Deposited: 04 May 2018 02:26
Last Modified: 04 May 2018 02:26
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/3075

Actions (login required)

View Item View Item