Yunara, Auliya PENINGKATAN KEMAMPUAN METAKOGNISI SISWA MELALUI MODEL IMPROVING LEARNING DALAM MATERI BANGUN DATAR PADA SEKOLAH DASAR. PTK A1 2018 PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.
Text
AULIYA YUNARA_158620600053.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (233kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui apakah proses kegiatan pembelajaran yang ditampilkan oleh guru pada klasifikasi baik untuk mendukung peningkatan kemampuan metakognisi siswa , (2) meningkatkan kemampuan metakognisi siswa kelas IV SDN Urang Agung Sidoarjo, (3) meningkatkan kemampuan penggunaan strategi untuk memecahkan masalah bangun datar menggunakan model pembelajaran Improving Learning. Teknik pengumpulan data menggunakan : observasi, catatan lapangan, dan tes kemampuan metakognisi. Analisis data dilakukan secara kualitatif dan kauntitatif. Hasil penelitian menunjukkan : (1) proses kegiatan pembelajaran yang ditampilkan oleh guru pada klasifikasi baik untuk mendukung peningkatan kemampuan metakognisi siswa, (2) kemampuan metakognisi siswa kelas IV SDN Urang Agung meningkat dibuktikan dengan nilai rata-rata siswa yang awalnya 67,5 di Siklus I meningkat menjadi 91,5 di Siklus II, (3) kemampuan penggunaan strategi untuk memecahkan masalah bangun datar meningkat dengan presentase 60% di Siklus I menjadi 89,8% di Siklus II.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kegiatan pembelajaran, kemampuan metakognisis, kemampuan penggunan strategi, Improving Learning. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education |
Depositing User: | M.Pd Mohammad Faizal Amir |
Date Deposited: | 04 May 2018 02:26 |
Last Modified: | 04 May 2018 02:26 |
URI: | http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/3075 |
Actions (login required)
View Item |