perpus@umsida.ac.id +62-31-8945444

Yunara, Auliya PENINGKATAN KEMAMPUAN METAKOGNISI SISWA MELALUI MODEL IMPROVING LEARNING DALAM MATERI BANGUN DATAR PADA SEKOLAH DASAR. PTK A1 2018 PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img] Text
AULIYA YUNARA_158620600053.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (233kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui apakah proses kegiatan pembelajaran yang ditampilkan oleh guru pada klasifikasi baik untuk mendukung peningkatan kemampuan metakognisi siswa , (2) meningkatkan kemampuan metakognisi siswa kelas IV SDN Urang Agung Sidoarjo, (3) meningkatkan kemampuan penggunaan strategi untuk memecahkan masalah bangun datar menggunakan model pembelajaran Improving Learning. Teknik pengumpulan data menggunakan : observasi, catatan lapangan, dan tes kemampuan metakognisi. Analisis data dilakukan secara kualitatif dan kauntitatif. Hasil penelitian menunjukkan : (1) proses kegiatan pembelajaran yang ditampilkan oleh guru pada klasifikasi baik untuk mendukung peningkatan kemampuan metakognisi siswa, (2) kemampuan metakognisi siswa kelas IV SDN Urang Agung meningkat dibuktikan dengan nilai rata-rata siswa yang awalnya 67,5 di Siklus I meningkat menjadi 91,5 di Siklus II, (3) kemampuan penggunaan strategi untuk memecahkan masalah bangun datar meningkat dengan presentase 60% di Siklus I menjadi 89,8% di Siklus II.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kegiatan pembelajaran, kemampuan metakognisis, kemampuan penggunan strategi, Improving Learning.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education
Depositing User: M.Pd Mohammad Faizal Amir
Date Deposited: 04 May 2018 02:26
Last Modified: 04 May 2018 02:26
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/3075

Actions (login required)

View Item View Item