PENERAPAN ROLE PLAYING PADA MATERI JUAL BELI IPS KELAS III UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA DI SDN GEDANG II

Zuhriyyah, Faridatu PENERAPAN ROLE PLAYING PADA MATERI JUAL BELI IPS KELAS III UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA DI SDN GEDANG II. PTK A3 PGSD FKIP UniversitasMuhammadiyah Sidoarjo.

[img] Text
143 Faridatu Zuhriyyah----PDF.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (213kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman terhadap siswa terutama pada konsep kegiatan jual beli dan kualitas proses pembelajaran IPS dengan menerapkan metode Role Playing atau bermain peran pada siswa kelas III SDN Gedang II, Porong. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Tiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek dari penelitian ini adalah guru dan siswa kelas III. Pada Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, observasi, wawancara, dan tesvaliditas data pada penelitian ini menggunakan triangulasi yaitu menggunakan metode yang dilakukan dengan cara membandingkan informasi atau data dengan cara yang berbeda. Berdaarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan metode Role Playing dapat meningkatkan pemahaman siswa pada materi konsep kegiatan jual beli serta kualitas proses pembelajaran IPS tentang kegiatan jual beli pada siswa kelas III SDN Gedang II, Porong.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Role Playing, siswa, IPS
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education
Depositing User: M.Pd Mohammad Faizal Amir
Date Deposited: 04 May 2018 02:23
Last Modified: 04 May 2018 04:05
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/3065

Actions (login required)

View Item View Item