MENINGKATKAN LOW THINKING SKILL DENGAN MODEL INKUIRI MATERI ENERGI DAN PERUBAHANNYA KELAS III-B SDN SIDOKLUMPUK

Nisa, Erlita Khoirun MENINGKATKAN LOW THINKING SKILL DENGAN MODEL INKUIRI MATERI ENERGI DAN PERUBAHANNYA KELAS III-B SDN SIDOKLUMPUK. PTK A3 PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img] Text
123 Erlita Khoirun Nisa----.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (195kB)

Abstract

Abstrak Ilmu Pengetahuan Alam merupakan mata pelajaran yang membahas tentang segala sesuatu yang ada di alam. Oleh karena itu, proses pembelajarannya harus memberikan pengalaman secara langsung kepada siswa. Tetapi pada kenyataannya pelaksanaan proses pembelajaran IPA didalam kelas sangatlah membosankan karena banyak guru yang menggunakan metode ceramah. Metode tersebut dapat membuat anak didik sulit menyerap materi energy dan perubahannya. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui model pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan Low Thinking Skill pada materi Energi dan Perubahannya pada siswa kelas III B SDN Sidoklumpuk. Berdasarkan hasil penelitian penerapan model pembelajaran inkuiri pada materi energy dan perubahannya pada kelas III B SDN Sidoklumpuk sangatlah sesuai. Dapat dibuktikan dengan adanya peningkatan low thinking skill siswa dalam proses pembelajaran di dalam kelas dengan mengetahui peningkatan nilai hasil belajar siswa. Pada hasil belajar siswa pada siklus I nilai yang paling tinggi yaitu 87, sedangkan pada siklus yang II nilai yang paling tinggi yaitu 96. Pada siklus yang I nilai hasil belajar siswa yang terendah yaitu 54, sedangkan nilai terendah pada siklus yang II yaitu 62. Jadi dapat dinyatakan bahwa rata-rata nilai hasil belajar siswa rata-rata mengalami peningkatan sebesar 5,94 (6,86%).

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kata-kata kunci: Model Inkuiri, Low Thinking Skill
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education
Depositing User: M.Pd Mohammad Faizal Amir
Date Deposited: 04 May 2018 02:10
Last Modified: 04 May 2018 04:06
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/3064

Actions (login required)

View Item View Item