Sari, Novi MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI JARING-JARING BANGUN RUANG DENGAN MEDIA KERTAS KARTON BERPETAK. PTK A3 PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.
Text
128 Dwi Novitasari----.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (156kB) |
Abstract
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Sumbersari 2 pada mata pelajaran Matematika dengan materi jaring-jaring bangun ruang menggunakan media kertas karton berpetak. Pada penelitian ini penelitin mengambil dari 2 subyek yaitu guru dan siswa kelas V SDN sumbersari 2. Pada penelitian ini peneliti menggunakan desain penelitian dari Kemmis dan Tagart (1990) yang memiliki komponen penelitian tindakan kelas sebagai berikut: (1) Perencanaan (planing), (2) Tindakan (action), (3) Pengamatan (observing), (4) Refleksi (reflecting). Dalam penelitian ini menggunakan 2 siklus. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian diskriptif kulitatif yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan media kertas karton berpetak dapat meningkatkan hasil belajar yang bisa dilihat dari nilai rata-rata pada prasiklus adalah 61.70 atau termasuk pada kriteria rendah. Pada siklus 1 diperoleh nilai rata-rata 71,75 atau termasuk kriteria cukup. Dan pada siklus yang kedua hasil nilai rata-rata siswa mengalami kenaikan yang lebih tinggi presentasinya yaitu 84,18 yang termasuk kriteria baik.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : Hasil belajar, Media kertas karton berpetak |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education |
Depositing User: | M.Pd Mohammad Faizal Amir |
Date Deposited: | 04 May 2018 02:01 |
Last Modified: | 21 Feb 2019 06:47 |
URI: | http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/3063 |
Actions (login required)
View Item |