MENINGKATKAN EFEKTIFITAS BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPA KELAS III MATERI KENAMPAKAN ALAM MENGGUNAKAN QUANTUM TEACHING

Hadiningtyas, Navytasari MENINGKATKAN EFEKTIFITAS BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPA KELAS III MATERI KENAMPAKAN ALAM MENGGUNAKAN QUANTUM TEACHING. PTK A3 PGSD FKIP.

[img] Text
129 Navytasari Hadiningtyas.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (458kB)

Abstract

Abstrak Tujuan dari penelitian kali ini untuk meningkatkan efektivitas belajar siswa pada pelajaran IPA materi kenampakan alam kelas III SDN Wadungasih II. Metode yang digunakan adalah metode Quantum Teaching, dimana peneliti menggambarkan suatu objek penelitian berdasarkan dengan fakta-fakta yang terjadi pada saat peneliti melakukan kegiatan penelitan atau berdasaran dengan yang sebenarnya. Efektivitas dalam proses pembelajaran sangat penting dikarenakan efektivitasa sendiri menghasilkan komunikasi yang baik terhadap guru dan siswa. Dengan hasil penelitian yang dapat diperoleh adalah presentase keefektifan siswa didalam proses pembelajaran. Peningkatan keefektifan siswa tersebut ditandai dengan adanya peningkatan presentase pada siklus II yang presentase setiap aspek memiliki kenaikan yaitu 1. Ketuntasan belajar yang semula pada siklus I 51,56% meningkat pada siklus kesua yakni mencapai hasil presentae 89,4% . 2. Keaktifan siswa yang semula pada siklus 1 63,08 % meningkat pada siklus kesua yakni mencapai hasil presentae 81,85%. 3. Kemampuan guru daalm mengolah kelas yang semula pada siklus 1 60% meningkat pada siklus kedua yakni mencapai hasil presentae 92% dan yang no 4. Respon siswa meningkat pada siklus 1 dan siklus 2.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Model Quantum teaching, Efektivitas, IPA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education
Depositing User: M.Pd Mohammad Faizal Amir
Date Deposited: 04 May 2018 02:07
Last Modified: 04 May 2018 07:36
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/3062

Actions (login required)

View Item View Item