PENERAPAN MEDIA PANGGUNG BONEKA DAPAT MENINGKATKAN KEAKTIFAN PEMBELAJARAN MENYIMAK CERITA SISWA KELAS 1 SD

Kumalasary, Annisa’ Nur (2018) PENERAPAN MEDIA PANGGUNG BONEKA DAPAT MENINGKATKAN KEAKTIFAN PEMBELAJARAN MENYIMAK CERITA SISWA KELAS 1 SD. PTK A4 2018 PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img] Text
ANNISA' NUR KUMLASARY (158620600167).pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (527kB)

Abstract

Salah satu permasalahan yang dijumpai dalam pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah dasar adalah rendahnya keaktifan siswa serta minat siswa dalam menyimak. permasalahan tersebut dijumpai pada siswa kelas I SDN Jedongcangkring tahun ajaran 2017-2018. Pada kelas I, terlihat bahwasannya banyak siswa yang kurang aktif dalam pembelajaran menyimak cerita dongeng pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Faktor penyebabnya adalah banyak siswa yang kurang tertarik untuk menyimak cerita yang disampaikan oleh guru dan siswa kurang memusatkan perhatian mereka pada guru yang sedang bercerita. Dari permasalahan tersebut menyebabkan siswa kurang memiliki kemampuan untuk menyimak cerita dengan optimal. tujuan penelitian ini adalah “Apakah penerapan panggung boneka dapat meningkatkan keaktifan pembelajaan menyimak cerita siswa kelas I SD?”. Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 1 siklus yang meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahawasannya terjadi peningkatan keaktifan minat siswa kelas I SDN Jedongcangkring . Hasil penelitian menunjukan (1) meningkatnya keaktifan siswa dalam menyimak cerita; (2) meningkatnya minat siswa untuk menyimak; (3) meningkatnya kemampuan siswa menjawab pertanyaan dari cerita yang di utarakan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Media panngung boneka, keaktifan menyimak cerita
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education
Depositing User: M.Pd Mohammad Faizal Amir
Date Deposited: 04 May 2018 03:46
Last Modified: 04 May 2018 03:46
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/3058

Actions (login required)

View Item View Item