PENERAPAN PENDEKATAN POLYA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA BANGUN RUANG PADA SISWA KELAS 5 SD

Nadifa, Milatun (2018) PENERAPAN PENDEKATAN POLYA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA BANGUN RUANG PADA SISWA KELAS 5 SD. PTK A4 PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img] Text
MILATUN NADIFA (158620600189) .pdf

Download (296kB)

Abstract

Matematika merupakan mata pelajaran yang memerlukan tingkat ketelitian yang tinggi. Sebab dalam menyelesaikan soal matematika siswa perlu memahami terlebih dahulu soal tersebut, kemudian merencanakan tindakan, melaksanakan rencana kemudian mengecek kembali hasil. Hal tersebut terkait dengan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah di SD yang mana terbilang tergolong masih rendah. Masalah tersebut dijumpai pada siswa kelas 5 di SDN Cangkring Turi, Kecamatan Prambon. Tampak bahwa masih banyak siswa yang kurang mampu dalam menyelesaikan soal yang berbentuk pemecahan masalah seperti soal cerita. Faktor penyebabnya adalah kesulitan siswa untuk memahami masalah yang ada, sehingga apabila siswa sulit memahami masalah maka langkah selanjutnya yaitu untuk merencanakan tindakan juga tidak akan terjadi; kurangnya minat siswa terhadap pembelajaran matematika; serta kurangnya perhatian guru dalam memberikan soal yang berbentuk pemecahan masalah seperti soal cerita. Tujuan dari penelitian ini adalah “Apakah pendekatan polya dapat meningkatkan kemampua siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi bangun ruang pada siswa kelas 5 SD?”. Penelitian yang digunakan ini merupakan PTK model Kemmis and Mc. Taggart yang terdiri dari 2 siklus. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan menyelesaikan soal cerita materi bangun ruang di kelas 5 SDN Cangkring Turi, Kecamatan Prambon. Hasil penelitian menunjukkan : (1) meningkatnya kemampuan siswa dalam memecahkan masalah, (2) menurunnya tingkat presentase siswa yang masuk dalam kategori cukup mampu dan tidak mampu, (3) Terdapat peningkatan aktifitas belajar siswa.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pendekatan polya, kemampuan menyelesaikan soal cerita, bangun ruang
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education
Depositing User: M.Pd Mohammad Faizal Amir
Date Deposited: 04 May 2018 02:11
Last Modified: 04 May 2018 02:11
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/3057

Actions (login required)

View Item View Item