PENERAPAN MODEL TALKING STICK DENGAN MEDIA AUDIOVISUAL UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TERHADAP MATA PELAJARAN IPS

Damayanti, Intan PENERAPAN MODEL TALKING STICK DENGAN MEDIA AUDIOVISUAL UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TERHADAP MATA PELAJARAN IPS. PTK A3 PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img] Text
164-Intan Salvi Damayanti.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (199kB)

Abstract

Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap mata pelajaran IPS melalui penerapan model Talking Stick dengan menggunakan media audiovisual pada kelas I SDN Gebang I. Melalui penerapan model pembelajaran Talking Stick dengan menggunakan media audiovisual dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas I yang berjumlah 35 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan penilaian tes, tanya jawab, dan lembar kerja siswa. Penelitian ini mengacu pada Kemmis dan M.Taggart yang terdiri dari empat tahap, yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi, dan tahap refleksi. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dari sebelum tindakan atau pra siklus menuju siklus I prestasi belajar siswa meningkat sebanyak 20% dan siklus II meningkat sebanyak 20%.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Talking stick, Audiovisual, Prestasi belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education
Depositing User: M.Pd Mohammad Faizal Amir
Date Deposited: 04 May 2018 01:55
Last Modified: 04 May 2018 07:35
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/3055

Actions (login required)

View Item View Item