MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMAHAMI MATA PELAJARAN IPS MENGGUNAKAN KOOPERATIF PICTURE AND PICTURE SISWA KELAS II SD

wulandari, nilam ajeng MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMAHAMI MATA PELAJARAN IPS MENGGUNAKAN KOOPERATIF PICTURE AND PICTURE SISWA KELAS II SD. PTK A3 PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img] Text
088 Nilam Ajeng Wulandari.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (218kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengupayakan peningkatan pemahaman pada mata pelajaran pada mata pelajaran IPS pada kelas II SDN Wadung asih II Buduran – Sidoarjo tahun ajaran 2017 – 2018 untuk mencapai tujuan tersebut dilakukan dengan menyajikan pokok bahasan mengenai kedudukan dan peran anggota keluarga, agar mencapai tujuan tersebut peneliti menggunakan model pembelajaran kooperatif picture and picture dimana guru akan menerapkan materi dengan menggunakan media berupa media gambar berseri dalam pembelajaran. Metode yang digunakan peneliti adalah tes dan observasi, subjek peneliti berjumlah 20 siswa Terdiri dari 11 orang siswa laki – laki dan 9 orang siswa perempuan, data yang dilakukan menggunakan teknik kualitatif, nilai rata – rata KKM peserta didik masih sangat rendah sekali yaitu hanya sebesar 65% saja. Nilai tersebut masih jauh dalam kriteria nilai KKM yaitu minimum 75. Kemudian pada pelaksanaan siklus I ditemukan rata – rata nilai sebesar 70,5. Dengan nilai tersebut peserta didik sudah dikategorikan mampu untuk membuat memahami namun nilai tersebut masih belum memenuhi kriteria ketuntasan minimum (KKM). Maka perlu diadakannya siklus yag ke II. Pada saat pelaksanaan siklus yang II nilai rata rata pesrta didik mengalami peningkatan yang snagat signifikan. Pada siklus ini nilai rata – rata siswa sebesar 78,5. Nilai tersebut dapat dikategorikan sangat baik. Karena nilai rata – rata peserta didik mencapai 90%, maka penelitian tindakan kelas atau (PTK) tersebut dapat dikatakan sudah berhasil atau sudah terbukti. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan model pembelajaran picture and picture dengan media gambar pada pelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas II SDN Wadungasih II Buduran – Sidoarjo.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: picture and picture, Hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education
Depositing User: M.Pd Mohammad Faizal Amir
Date Deposited: 04 May 2018 01:58
Last Modified: 04 May 2018 03:55
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/3052

Actions (login required)

View Item View Item