PENERAPAN METODE KOOPERATIF TIPE MODEL ARISAN UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA KELAS IV SDN GEDANG II

Ningrum, J.D.W PENERAPAN METODE KOOPERATIF TIPE MODEL ARISAN UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA KELAS IV SDN GEDANG II. PTK A3 PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img] Text
148. Jeni Dwi Wahyu N.1 FIX.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (221kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan baik secara fisik, mental maupun emosional terhadap siswa pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas IV Sekolah Dasar Gedang II. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif, dimana peneliti menggambarkan suatu objek penelitian berdasarkan dengan fakta-faktayang terjadi pada saat peneliti melakukan kegiatan penelitan atau berdasaran dengan yang sebenarnya. Dengan hasil penelitian yang dapat diperoleh adalah presentase keaktifan siswa didalam proses pembelajaran. Peningkatan keaktifan siswa tersebut ditandai dengan adanya peningkatan presentase pada siklus II yang presentase setiap aspek memiliki kenaikan yaitu 1. Keaktifan fisik yang semula pada siklus 1 51,56% meningkat pada siklus kesua yakni mencapai hasil presentae 89,4% . 2. Keaktifan mental yang semula pada siklus 1 52,08 % meningkat pada siklus kesua yakni mencapai hasil presentae 83,85%. 3. Keaktifan emosionalyang semula pada siklus 1 60% meningkat pada siklus kesua yakni mencapai hasil presentae 92%.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Model Kooperatif, Arisan, Keaktifan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education
Depositing User: M.Pd Mohammad Faizal Amir
Date Deposited: 04 May 2018 02:03
Last Modified: 04 May 2018 08:03
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/3046

Actions (login required)

View Item View Item