Rizka, ika Peningkatan Daya Ingat Siswa Melalui Model Konstruktivistik Dengan Nyanyian Dalam Pembelajaran IPS Kelas 4 Di SDN Gedang II. PTK A3 PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.
Text
147. Shofar Rizka R..pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (442kB) |
Abstract
Peningkatan daya ingat menggunakan pembelajaran kontruktivistik melalui nyanyian dalam pembelajaran IPS kelas IV di SDN Gedang II. Salah satu factor rendahnya daya ingat siswa karena kurang terbiasanya siswa menghafal atau mengingat materi yang sudah dipelajari. Untuk meningkatkan daya ingat siswa terhadap materi pelajaran, maka peneliti menerapkan model pembelajaran kontruktivistik melalui nyanyian agar siswa mudah mengingat materi pelajaran. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas partisipan yang artinya peneliti terlibat dan terjun langsung dalam proses penelitian mulai dari pelaksanaan tindakan sampai berakhirnya tindakan. Penelitian ini dilaksanakan dengan dua siklus yang tertuju pada 5 siswa yang memiliki daya ingat rendah terhadap materi yang sudah dipelajari, Penelitian ini menggunakan model PTK oleh Kemmis & McTaggart yakni (1) perencanaan (planing), (2) pelaksanaan tindakan (acting), (3) pengamatan (observing), (4) refleksi (reflecting). Dari hasil tindakan siklus I diketahui daya ingat siswa dari 20% menjadi 45%. Dan dari hasil tindakan pada siklus II diperoleh daya ingat siswa menjadi 75%. Dengan hasil demikian dapat diketahui bahwa dengan menerapkan model kontruktivistik melalui nyanyian dapat meningkatkan daya ingat siswa kelas 1V di SDN Gedang II.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Konstrutivistik, Daya Ingat. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education |
Depositing User: | M.Pd Mohammad Faizal Amir |
Date Deposited: | 04 May 2018 01:53 |
Last Modified: | 04 May 2018 04:25 |
URI: | http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/3045 |
Actions (login required)
View Item |