MENINGKATKAN KETERAMPILAN SAINS SISWA MATA PELAJARAN IPA MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF BERBASIS PENGALAMAN KELAS IV GEBANG 1

Indiraesta, Yourlanda MENINGKATKAN KETERAMPILAN SAINS SISWA MATA PELAJARAN IPA MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF BERBASIS PENGALAMAN KELAS IV GEBANG 1. PTK A3 PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img] Text
155. YOURLANDA SHELLA INDIRAESTA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (286kB)

Abstract

Berdasarkan hasil penelitian, penelitian tindakan kelas ini bertujuan meningkatkan keterampilan sains siswa mata pelajaran IPA model pembelajaran kooperatif berbasis pengalaman kelas IV SDN Gebang 1. Salah satu penyebab kegagalan yaitu guru pada saat pembelajaran hanya menggunakan metode ceramah tidak membuat siswa lebih aktif. Seharusnya pembelajaran IPA tidak hanya berisi pengetahuan saja, tetapi ada berbagai macam kegiatan ataupun praktek secara langsung yang membuat siswa lebih aktif, senang dan lebih tertarik pada mata pelajaran IPA. Sebagai peneliti melakukan perbaikan untuk lebih meningkatkan keterampilan siswa dan pada saat pembelajaran siswa tidak hanya individualis tetapi belajar kelompok bersama teman kelasnya, guru pada saat pembelajaran menggunakan metode eksperimen. Penelitian ini terdiri dari dua siklus bahwa penerapan model kooperatif berbasis pengalaman dapat meningkatkan ketampilan sains siswa kelas IV pada mata pelajaran IPA. Hasil keterampilan siswa pada siklus I ini dapat diketahui bahwa kemampuan keterampilan siswa dalam kerjasama sebanyak 22 siswa dengan presentase 55%, dan kemampuan keterampilan dalam keaktifan siswa sebanyak 27 siswa dengan presentase 68%, Pada siklus II kemampuan keterampilan siswa dalam kerjasama sebanyak 29 siswa dengan presentase 73% dan kemampuan keterampilan dalam keaktifan siswa sebanyak 32 siswa dengan presentase 80%.Dapat disimpulkan bahwa model kooperatif berbasis pengalaman dapat meningkatkan keterampilan sains siswa kelas IV SDN Gebang 1.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Keterampilan, Model Kooperatif, Berbasis Pengalaman
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education
Depositing User: M.Pd Mohammad Faizal Amir
Date Deposited: 04 May 2018 02:05
Last Modified: 04 May 2018 03:53
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/3033

Actions (login required)

View Item View Item