PEMECAHAN MASALAH TIPE “WHAT’S ANOTHER WAY” UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS V SD

Imtichanah, Azizah (2018) PEMECAHAN MASALAH TIPE “WHAT’S ANOTHER WAY” UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS V SD. PTK A4 2018 PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img] Text
AZIZAH IMTICHANAH158620600201 (fix).pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (581kB)

Abstract

Satu dari beberapa permasalahan yang seringkali dijumpai dalam pembelajaran matematika adalah kemampuan pemecahan masalah siswa yang dinilai masih rendah. Lebih khusus siswa merasa kesulitan dalam memecahkan masalah non rutin atau yang sering disebut dengan soal terbuka (open ended). Hal tersebut disebabkan karena kemampuan pemahaman siswa akan masalah rendah dan siswa kurang mahir merencanakan solusi dalam menyelesaikan masalah. Memperhatikan masalah tersebut, maka perlu adanya solusi untuk mengatasinya. Pendekatan pembelajaran yang sesuai dengan permasalahan tersebut adalah pendekatan pemecahan masalah tipe what’s another way. What’s another way merupakan salah satu tipe pemecahan masalah yang diberikan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan untuk menjawab rumusan masalah “Apakah pemecahan masalah tipe what’s another way dapat meningkatkan kemampuan berpkir kreatif siswa?”. Analisis hasil dalam penelitian tindakan kelas menunjukkan bahwa terjadi peningkatan dalam kemampuan pemecahan masalah, ditandai dengan adanya peningkatan pada hasil tes di siklus II, yaitu persentase kemampuan pemecahan masalah siswa lebih dari 60% yang berarti siswa masuk pada tingkatan baik dan sangat baik. Kemampuan berpikir kreatif siswa juga meningkat pada komponen pemahaman akan permasalahan serta kefasihan, ditandai dengan telah terjadi peningkatan sebanyak 20,7% pada komponen pemahaman akan masalah dan 3,5% pada komponen kefasihan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: kemampuan berpikir kreatif, kemampuan pemecahan masalah, what’s another way
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education
Depositing User: M.Pd Mohammad Faizal Amir
Date Deposited: 04 May 2018 01:56
Last Modified: 04 May 2018 01:56
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/3023

Actions (login required)

View Item View Item