Afifah, Nur IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP IPA KELAS V SDN GEBANG 1. PTK A3 PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.
Text
121 Nur Afifah.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (259kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya penerapan model pembelajaran group investigation untuk meningkatkan penguasaan konsep mata pelajaran IPA di Kelas V SDN Gebang 1 Kabupaten Sidoarjo tahun ajaran 2017-2018. Subyek penelitian ini dilaksanakan oleh 31 siswa dengan 20 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, lembar observasi dan lembar tes. Instrument penelitian menggunakan tanya awab, soal evaluasi dan lembar kerja siswa (LKS). Analisis data dilakukan dengan deskriptif presentase ketuntasan keseluruhan siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) dengan 4 komponen disetiap langkahnya, yakni: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dari presentase dari siklus I ke siklus II mengalami peninhkatan dan mencapai indikator keberhasilan. Pada siklus I presentase ketuntasan keseluran siswa meningkat menjadi 68%, kemudian pada siklus II presentase ketuntasan siswa meningkat menjadi 87%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran group investigation dapat meningkatkan penguasaan konsep siswa dalam pembelajaran IPA.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Group Investigation, Penguasaan Konsep |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education |
Depositing User: | M.Pd Mohammad Faizal Amir |
Date Deposited: | 04 May 2018 01:49 |
Last Modified: | 04 May 2018 03:39 |
URI: | http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/3013 |
Actions (login required)
View Item |