PENERAPAN MODEL AIR (AUDITORY, INTELLECTUALLY, REPETITION) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA KELASV SEKOLAH DASAR

Choiriyah, Wagiya Bela (2018) PENERAPAN MODEL AIR (AUDITORY, INTELLECTUALLY, REPETITION) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA KELASV SEKOLAH DASAR. PENERAPAN MODEL AIR (AUDITORY, INTELLECTUALLY, REPETITION) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA KELASV SEKOLAH DASAR.

[img] Text
WAGIYA BELA CHOIRIYAH (158620600190).pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (244kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPA. Penelitian ini mempunyai tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPA melalui model pembelajaran AIR (AUDITORY, INTELLECTUALLY, REPETATION). Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas yang di sebut dengan PTK.Penelitian ini menggunakan model Penelitian Tindakan Kelas yang di kembangkan oleh Kemmis & McTaggart, dalam model penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus yaitu dimana setiap siklus terdiri dari perencanaan (planing), tindakan (acting), pengamatan (observing), refleksi (reflecting). Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data menggunakan soal latihan dan observasi guru dan siswa. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V SDN Cangkringturi Prambon Sidoarjo tahun pelajaran 2017/2018 dengan jumlah 29 siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa adanya peningkatan dalam hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari adanya peningkatan rata-rata hasil belajar siswa dari siklus I 76,89 dengan ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 63,79% ke siklus II dengan rata-rata menjadi 84,13 degan ketuntasan hasil belajar siswa 84,13%. Dengan demikian dapat disimpulkn bahwa penggunaan model pembelajaran AIR dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPA kelas V SD.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Model Air, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education
Depositing User: M.Pd Mohammad Faizal Amir
Date Deposited: 04 May 2018 01:45
Last Modified: 04 May 2018 01:45
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/3012

Actions (login required)

View Item View Item