Kholisah, Nur UPAYA MENGATASI KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PECAHAN MENGGUNAKAN RECIPROCAL TEACHING DI KELAS 5 SD NEGERI PORONG. PTK A1 2018 PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.
Text
Nur Kholisah_158620600027.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (97kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi kesulitan siswa SD Negeri Porong dalam menyelesaiakan soal pecahan dengan menggunakan reciprocal teaching. Subyek yang diambil pada penelitian ini yaitu kelas 5b SD Negeri Porong dalam tahun ajaran 2017-2018 yang terdiri dari 25 siswa. Kendala-kendala yang dihadapi guru pada saat pembelajaran kurangnya pemahaman siswa sehingga pembelajaran yang diajarkan harus berulang-ulang dan dapat berdampak pada saat siswa mengerjakan tugas yang diberikan. Peneliti menerapkan model reciprocal teaching (pembelajaran terbalik) untuk mengatasi kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal khususnya materi pecahan kelas 5 SD Negeri Porong. Instrumen penelitian yang digunakan tes soal pecahan dan wawancara. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu terdiri dari tes, observasi dan wawancara. Dari hasil observasi, wawancara dan data yang didapat bahwa kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal dikarenakannya kurang pemahamannya materi pecahan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa penerapan reciprocal teaching dapat menagtasi kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal pecahan kelas 5 SD Negeri Porong.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | reciprocal teaching, kesulitan siswa, penyelesaian soal pecahan. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education |
Depositing User: | M.Pd Mohammad Faizal Amir |
Date Deposited: | 04 May 2018 02:41 |
Last Modified: | 04 May 2018 03:17 |
URI: | http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/3003 |
Actions (login required)
View Item |