Damaiyanti, Kiki (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TTW UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPTIF PADA SISWA KELAS IV SD. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TTW UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPTIF PADA SISWA KELAS IV SD.
Text
KIKI DAMAIYANTI (158620600170).pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (307kB) |
Abstract
Permasalahan yang sering dijumpai dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di lingkungan Sekolah Dasar adalah rendahnya keterampilan menulis. Masalah tersebut dijumpai pada siswa kelas IV SDN Jimbaran Kulon tahun ajaran 2017-2018 di kelas IVB, tampak bahwa kelas IVB kurang dalam keterampilan menulis deskriptif pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Faktor penyebabnya adalah kesulitan siswa dalam mengutarakan pikiran, pemakaian kata-kata, dan penyusunan struktur kalimat; lemahnya minat siswa terhadap kegiatan menulis; dan rendahnya penguasaan berbahasa siswa. Masalah tersebut menyebabkan siswa kurang memiliki keterampilan menulis deskriptif yang optimal. Tujuan penelitian ini adalah “Apakah penerapan model pembelajaran TTW (Think Talk and Write) dapat meningkatkan keterampilan menulis deskriptif pada siswa kelas IV SD”. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini menggunakan model Kemmis and Tagart yang terdiri dari 2 siklus yang meliputi perencanaan, tindakan, pengamatan, dan juga refleksi. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan keterampilan menulis deskriptif pada siswa kelas IVB SDN Jimbaran kulon. Hasil penelitian menunjukkan: (1) menurunnya kesulitan siswa dalam mengutarakan pikiran, pemakaian kata-kata, dan penyusunan struktur kalimat; (2) meningkatnya minat siswa untuk menulis; (3) meningkatnya penguasaan berbahasa siswa.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | model pembelajaran TTW, keterampilan menulis, menulis deskriptif. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education |
Depositing User: | M.Pd Mohammad Faizal Amir |
Date Deposited: | 04 May 2018 01:47 |
Last Modified: | 04 May 2018 01:47 |
URI: | http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/3000 |
Actions (login required)
View Item |