MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS II MATA PELAJARAN IPA MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL

triastuti, fauzia MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS II MATA PELAJARAN IPA MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL. PTK A3 PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img] Text
161 Nur Fauzia Triastuti FIX.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (206kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA pada kelas II SDN Wadung asih II Buduran Sidoarjo tahun ajaran 2017 – 2018 pada materi bumi dan alam semesta. Kegiatan belajar mengajar adalah kewajiban seorang guru dalam mengembangkan bakat dan kemapuannya, oleh karenanya guru selalu dituntut untuk mengembangkan kreatifitas secara profesional dalam mengelola kelas. Untuk mencapai tujuan tersebut peneliti menggunakan pendekatan kontekstual dimana guru akan menghubungkan keadaan alam sekitar dengan materi yang diajarkan. Model PTK terdapat dua sikulus yang pada setiap siklusnya terdiri dari 4 tahapan yaitu tahapa perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap observasi dan yang terakhir adalah tahap refleksi. Metode yang digunakan adalah tes dan observasi, Tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa sedangkan observasi untuk mengamati proses belajar mengajar yang dilakukan guru. subjek peneliti berjumlah 25 siswa Terdiri dari 10 orang siswa laki – laki dan 15 orang siswa perempuan, data yang dilakukan menggunakan teknik kualitatif, setelah melakukan analisi hasil yang diperoleh dari penelitian bahwa dengan pendekatan kontekstual dalam pembelajaran IPA dapat meninggkatkan motivasi belajar. nilai rata – rata KKM siswa masih sangat rendah sekali yaitu hanya sebesar 60% saja. Nilai tersebut masih jauh dalam kriteria nilai KKM yaitu minimum 75. Kemudian pada pelaksanaan siklus I ditemukan rata – rata nilai sebesar 58. Maka perlu diadakannya siklus ke II. Pada saat pelaksanaan siklus yang II nilai rata rata siswa mengalami peningkatan yang signifikan. Pada siklus ini nilai rata – rata siswa sebesar 79. Nilai tersebut dapat dikategorikan sangat baik. Karena nilai rata – rata peserta didik mencapai 80%, maka penelitian tindakan kelas atau (PTK) tersebut dapat dikatakan berhasil.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Motivasi belajar, siswa kelas II.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education
Depositing User: M.Pd Mohammad Faizal Amir
Date Deposited: 04 May 2018 01:27
Last Modified: 04 May 2018 07:34
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/2996

Actions (login required)

View Item View Item